Gula Mulai Langka dan Mahal, Pemkab Sleman Gelar Operasi Pasar

Bisnis

Gula Mulai Langka dan Mahal, Pemkab Sleman Gelar Operasi Pasar

Sejak pertengahan Maret lalu, gula seakan jadi barang langka yang sulit ditemui. Jika pun ada, harganya mulai perlahan-lahan merangkak naik. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sleman menyiapkan dua ton gula pasir untuk didistribusikan melalui operasi pasar. Operasi pasar ini dilakukan untuk mengatasi kelangkaan stok yang menyebabkan harga gula melonjak tinggi.

Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman menggelar operasi pasar (OP) di wilayah pinggiran Sleman, DI Yogyakarta. Warga yang ingin membeli gula dalam OP tersebut, hanya diperbolehkan membeli maksimal dua kilogram gula.

Gula Mulai Langka dan Mahal, Pemkab Sleman Gelar Operasi Pasar

Melansir dari jogja.idntimes.com (30/4/2020) stok gula pasir ditambahkan oleh Pemkab Sleman merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Perindag dan PT Madu Baru, salah satu produsen gula yang ada di Yogyakarta. Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menyebutkan terdapat enam kecamatan yang akan dijadikan tempat operasi pasar, yakni Kecamatan Moyudan, Minggir, Seyegan, Turi, Tempel, serta Pakem.

OP digelar di kantor masing-masing kecamatan, untuk Kecamatan Tempel digelar pada Rabu (29/4/2020) mulai pukul 13.00, kemudian hari Kamis (30/4/2020) OP akan digelar di Pakem, Minggir, Moyudan, Turi dan Seyegan mulai pukul 09.00 WIB.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Yogyakarta Pastikan Stok APD Cukup Hingga Akhir Mei]

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman Kurnia Astuti mengatakan, OP pertama sudah diselenggarakan di sekitar Pemkab Sleman, mulai OP kedua akan dilakukan di wilayah pinggiran mulai dari sisi Utara hingga Barat. Kurnia melanjutkan, OP yang akan dilaksanakan di pinggiran wilayah dilakukan untuk membuka aksesibilitas warga terdampak COVID-19 juga bertujuan untuk pemerataan.

Kurnia juga mengatakan, harga gula saat ini masih jauh di atas harga eceran tertinggi (HET). Selama OP berlangsung, gula hanya dijual seharga Rp12.500 sesuai HET. Seperti dikutip dari harianjogja.com, Kurnia mengatakan, demi aspek pemerataan wilayah Sleman juga akan menjadi sasaran OP. Mulai dari Prambanan, Kalasan dan Berbah hingga Ngemplak dan Cangkringan juga menjadi sasaran OP pada tahap ketiga.

Kepala Bidang Perdangangan dalam Negeri, Disperindag DIY Yanto Aprianto mengatakan OP gula kristal putih yang digelar bersama Bulog dijual sesuai HET. PT Madu Baru, saat ini sudah melakukan proses pendistribusian sebanyak 10.000 ton


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.