Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Berita Kawasan

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Banyaknya sampah yang tersebar di mana-mana sering kali ditemukan hampir di setiap pinggir jalan. Padahal, sudah tercantum tulisan larangan membuang sampah yang tidak pada tempatnya. Membuang sampah di pinggir jalan, tentu saja meresahkan warga sekitar yang melewati jalanan dipenuhi sampah tersebut.

Untuk mencegah kebiasaan tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan terobosan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Tangsel. Salah satu bentuk upaya yang Pemkot lakukan yaitu, membuat proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLSTa) di Cipeucang.

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (10/02/2020), Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan jika penyelesaian sampah masih menjadi PR untuk Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sejak tahun lalu sudah ditentukan jika untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah akan membangun PLSTa di Cipeucang.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Airin menerangkan, apa pun teknologi yang digunakan tidak menjadi masalah. ”Yang terpenting teknologinya benar-benar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga harus dikerjakan dengan serius,” kata Airin seusai pertemuan di Gedung Direktorat Jenderal, Kemarin.

Namun, untuk mewujudkan pembangunan PLSTa ini baru bisa dirampungkan pada September 2021, karena ada beberapa proses tahapan yang harus dikerjakan. ”Misalnya, penyusunan FBC dan persiapan bidding dan lainnya, itu membutuhkan waktu yang cukup panjang,” ujar Airin.

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Sementara Dirjen Pengelolaan Pembiayaan Risiko Luky Al Firman menjelaskan Pemerintah Pusat menghargai komitmen Pemerintah Kota Tangsel mengenai sampah. Sehingga dirinya akan terus memberikan dukungan terhadap Pemerintah Kota Tangsel dalam melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

”Nanti ketika berhasil, Tangsel akan menjadi model atau pilot project yang bisa dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya. Sehingga harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Luky.

[Baca Juga: Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel]

Dia menambahkan, saat ini permohonan dari Pemerintah Kota Tangsel terkait PLSTa ini akan disampaikan kepada pihak Asian Development Bank. Yang mana, saat ini Pemerintah Pusat sudah menunjuk ADB dan SMI sebagai pendamping proses pembangunan PLSTa ini.

”Sesuai jadwal, dari ADB bahwa pemenang lelang atau investor baru diketahui paling cepat pada bulan September 2021,” ujar Luky.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.