Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Berita Kawasan

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Banyaknya sampah yang tersebar di mana-mana sering kali ditemukan hampir di setiap pinggir jalan. Padahal, sudah tercantum tulisan larangan membuang sampah yang tidak pada tempatnya. Membuang sampah di pinggir jalan, tentu saja meresahkan warga sekitar yang melewati jalanan dipenuhi sampah tersebut.

Untuk mencegah kebiasaan tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan terobosan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Tangsel. Salah satu bentuk upaya yang Pemkot lakukan yaitu, membuat proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLSTa) di Cipeucang.

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Melansir laman tangerangselatankota.go.id (10/02/2020), Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan jika penyelesaian sampah masih menjadi PR untuk Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Sejak tahun lalu sudah ditentukan jika untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah akan membangun PLSTa di Cipeucang.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Airin menerangkan, apa pun teknologi yang digunakan tidak menjadi masalah. ”Yang terpenting teknologinya benar-benar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga harus dikerjakan dengan serius,” kata Airin seusai pertemuan di Gedung Direktorat Jenderal, Kemarin.

Namun, untuk mewujudkan pembangunan PLSTa ini baru bisa dirampungkan pada September 2021, karena ada beberapa proses tahapan yang harus dikerjakan. ”Misalnya, penyusunan FBC dan persiapan bidding dan lainnya, itu membutuhkan waktu yang cukup panjang,” ujar Airin.

Guna Atasi Masalah Sampah Tangsel Segera Bangun PLTSa di Cipeucang

Sementara Dirjen Pengelolaan Pembiayaan Risiko Luky Al Firman menjelaskan Pemerintah Pusat menghargai komitmen Pemerintah Kota Tangsel mengenai sampah. Sehingga dirinya akan terus memberikan dukungan terhadap Pemerintah Kota Tangsel dalam melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar.

”Nanti ketika berhasil, Tangsel akan menjadi model atau pilot project yang bisa dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya. Sehingga harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Luky.

[Baca Juga: Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel]

Dia menambahkan, saat ini permohonan dari Pemerintah Kota Tangsel terkait PLSTa ini akan disampaikan kepada pihak Asian Development Bank. Yang mana, saat ini Pemerintah Pusat sudah menunjuk ADB dan SMI sebagai pendamping proses pembangunan PLSTa ini.

”Sesuai jadwal, dari ADB bahwa pemenang lelang atau investor baru diketahui paling cepat pada bulan September 2021,” ujar Luky.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.