QR 1.jpeg

Berita Kawasan

Gunakan Fitur Baru, Website Vaksinasi Kota Tangerang Semakin Efektif

Belum lama ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang meluncurkan mekanisme sistem vaksinasi terbaru dengan memanfaatkan tranformasi digital berupa aplikasi berbasis website. Berjalan beberapa waktu, website yang digunakan untuk mengoptimalisasi dan mengefektifikasi proses vaksinasi di Kota Tangerang mendapat sedikit perubahan, dengan mendapatkan penyempurnaan berupa penambahan fitur baru.

Penyempurnaan berupa fitur baru yang terdapat dalam situs web aplikasi, direncanakan oleh pihak Diskominfo Kota Tangerang untuk memudahkan proses ekplorasi bagi calon dan para peserta vaksinasi. Hal ini juga mendapat dukungan penuh dan selaras dengan target dan tujuan yang telah direncanakan dengan matang Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, yakni mengejar terpenuhinya Herd Immunity Kota Tangerang pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Fitur baru yang ditambahkan dalam aplikasi vaksinasi berbasis website tersebut berupa penambahan fitur scan QR Code. Seperti yang telah dikenal di aplikasi-aplikasi kebiasaan, fitur scan QR Code berguna untuk memangkas tahapan-tahapan proses vaksinasi, terutama sangat membantu dalam poses pendataan – administratif.

QR 3.jpeg

Menurut penjelasan Diskominfo. Kegunaan fitur tambahan tersebut dapat melayani sistem kerja yang lebih cepat dan akurat dalam bidang input data pribadi peserta, data kesehatan peserta, hingga surat vaksinasi yang telah lengkap dapat difasilitasi dan terkoneksi melalui fitur baru tersebut. Sehingga segala proses administratif peserta vaksinasi semuanya dilakukan melalui gawai, tidak lagi bertumpu dengan kertas yang rentan akan kesalahan dan kerusakan.

“Semua lebih mudah dan cepat, karena saling terkoneksi, hanya dengan handphone genggamnya masing-masing. Terlebih, dengan website ini data vaksinasi Kota Tangerang juga langsung terkoneksi denga Kementrian, sehingga memudahkan petugas kesehatan.” Ujar Mulyani, Kepala Dikominfo, saat ditemui di proses uji coba di SMPN 29 Kota Tangerang, Senin (26/7/2021).

Fitur baru tersebut sudah melalui tahap uji coba di proses vaksinasi yang dilakukan di SMPN 29 Kota Tangerang, kemarin. Melaluinya, manfaat fitur baru tersebut terlihat sangat membantu, meski belum familiar dan perlu sosialisasi penggunaan lebih massif lagi.

QR 2.jpeg

Namun, penambahan fitur berupa scand QR Code tersebut mendapat respon yang cukup positif bari para peserta vaksinasi yang telah mencobanya di proses uji coba, kemarin.

“Sebenarnya mudah-mudah saja, cuma tadi karena baru tahu, pas sampai di sekolah kalau pakai website, jadi masih bingung-bingung sedikit. Tapi setelah dikasih tahu guru, lancar-lancar saja tadi. Prosesnya juga cepat, bisa langsung pulang.” Ungkap Fitri Andriani, siswa SMPN 29 Kota Tangerang yang menjadi peserta vaksinasi.

Nantinya, QR Code akan dicantumkan di tiap spanduk atau poster/pamflet yang tersebar di tiap titik lokasi di Kota Tangerang. Sehingga, dalam waktu tersisa, proses vaksinasi di Kota Tangerang yang masih berjalan dapat memanfaatkan dan berjalan lebih cepat untuk mengejar target yang telah disepakati.

Menurut informasi terbaru, Pemkot Tangerang telah menyelesaikan proses vaksinasi 553 ribu untuk dosis pertama dan 232 ribu untuk dosis kedua (lengkap). Serta rata-rata dalam dua minggu terakhir sebanyak 18 ribu sasaran per harinya.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.