Guru Aini, Novel Terbaru Andrea Hirata yang Ditunggu-tunggu Penggemarnya

Pendidikan

Guru Aini: Novel Terbaru Andrea Hirata yang Ditunggu-tunggu Penggemar

Bagi penggemar novel teatrologi Laskar Pelangi pasti sudah tidak asing dengan penulisnya yakni Andrea Hirata. Baru-baru ini, penulis novel asal bangka Belitung itu kembali meluncurkan buku terbarunya berjudul Guru Aini.

Lewat novel terbarunya tersebut, Andrea ingin menceritakan tentang seorang guru bernama Desi yang mengajar matematika di daerah pelosok. Sebagai guru, Desi sangat terobsesi untuk menemukan seorang murid yang genius dalam urusan matematika.

[Baca Juga: Peluncuran Novel Don Quijote Edisi Bahasa Indonesia]

Sampai suatu saat, bertemulah Desi dengan Aini, seorang anak yang tidak terlalu pandai matematika, namun memiliki daya juang yang tinggi. Konflik pun muncul ketika Desi berupaya dengan susah payah mengajarkan matematika kepada Aini.

"(Di dalam buku) Bu Desi bilang 'matematika untuk anak yang pemberani. Kalau bicara matematika, banyak yang menyerah sebelum bertanding'," kata Andrea menirukan apa yang ditulisnya dalam novel Guru Aini.

Sebagai penulis novel kata Andrea, baru kali ini Ia menulis novel dari perspektif seorang guru. Bahkan untuk mengangkat novel Guru Aini, Andrea harus menempuh hampir dua tahun dalam mencari referensi terkait pelajaran matematika yang menjadi ide dasar novel ini. Selain itu, Andrea juga membaca 15 buku soal kalkulus demi menyelesaikan novel ini.

Guru Aini, Novel Terbaru Andrea Hirata yang Ditunggu-tunggu Penggemarnya

"Saya khatam 15 buku kalkulus demi mendapatkan dua sampai tiga paragraf. Baca lima buku lain juga. Selama saya senang melakukannya (riset), saya mendapatkan bahannya juga, karena kan yang masuk ke dalam novel harus reasonable juga," tutur Andrea Hirata.

Ke depannya kata Andrea, kemungkinan besar novel Guru Aini akan diangkat ke layar lebar. Bahkan sudah ada beberapa produser yang menawarinya untuk membuat film berdasarkan novel-novelnya. Meski begitu, Andrea masih meminta para penggemarnya untuk bersabar.

"Kepentingan saya adalah value-nya agar lebih tersebar. Karena kan banyak orang menonton film daripada baca buku, saya ingin mempertahankan value-nya," ungkap Andrea.

[Baca Juga: Menikah Sederhana dan Sarat Makna di KUA Ala Novelis Bernard Batubara]

Novel Guru Aini ini sendiri menurut Andrea merupakan prekuel dari novel berjudul Orang-orang Biasa yang ia terbitkan pada 2019. Sampai saat ini, total sudah 12 buku yang Ia tulis. Ke-12 Novel itu adalah Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov, Padang Bulan, Cinta di Dalam Gelas, Sebelas Patriot, Laskar Pelangi Song Book, Ayah, Sirkus Pohon, Orang-Orang Biasa, serta Guru Aini.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.