Guru Besar Unpad Dosen Wali Berperan Antisipasi Ancaman Kesehatan Mental Mahasiswa.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad: Dosen Wali Berperan Antisipasi Ancaman Kesehatan Mental Mahasiswa

Bagi mahasiswa ketika mereka masuk ke perguruan tinggi, khususnya yang harus jauh dari orangtua dan keluarga, mereka harus siap menghadapi berbagai tantangan yang ada secara mandiri. Dengan suasana baru, lingkungan baru, kehidupan sosial yang baru, dan tak lupa padatnya tugas akademik, khususnya saat menghadapi skripsi, kerap kali para mahasiswa mendapati dirinya terkena gangguan kesehatan mental seperti gangguan kecemasan bahkan hingga depresi. Menurut salah satu guru besar di Universitas Padjadjaran (Unpad), dosen wali sebenarnya memiliki peran penting untuk mengantisipasi kondisi ini terjadi di mahasiswanya.

Perihal gangguan kesehatan mental di kalangan mahasiswa sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Pasalnya Harvard Medical School mengutip penelitian beberapa tahun yang lalu dari American College Health Association Fall 2018 National Colleg Health Assesment. Di mana berdasarkan riset itu ditemukan bahwa ada sekitar 63 persen mahasiswa di Amerika Serikat yang mengalami gangguan kecemasan yang luar biasa dalam setahun terakhir selama proses perkuliahannya.

Guru Besar Unpa Dosen Wali Berperan Antisipasi Ancaman Kesehatan Mental Mahasiswa.jpg

Tampaknya Guru Besar Fakultas Pertanian Unpad Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc., PhD., menyadari hal ini juga terjadi di lingkungan perguruan tinggi tempatnya mengabdi. Menurutnya, ancaman kesehatan mental di antara mahasiswa tidak boleh dipandang remeh. Pasalnya, ancaman ini bisa memukul mundur semangat mahasiswa itu untuk keliah dan bila tak ditangani maka bisa berdampak parah hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Enggan ancaman kesehatan mental ini dapat terjadi, Prof Tarkus menegaskan bahwa di sini ada peran dari dosen wali untuk membantu para mahasiswanya. “Dosen wali bukan hanya sekadar menyetujui Kartu Rencana Studi mahasiswa, melainkan harus menjadi tempat mahasiswa merasa diterima di kampus,” tegasnya di acara Dialog dengan Dosen Wali di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (17/1/2023).

[Baca Juga: Perbedaan Takut, Cemas, dan Gangguan Kecemasan]

Ia meminta agar para dosen wali juga bisa berperan sebagai sosok yang dipercaya oleh mahasiswa untuk berkeluh kesah bahkan hingga mengadu sehingga perasan dosen sebagai panutan, penyedia informasi, fasilitator, asesor, perencana, dan pengembangan sumber daya manusia bisa tercapai. Hal ini tentu saja menurut Prof. Tarkus dalam rangka menekan terjadi gangguan kesehatan mental, mencegah terjadi perundungan, dan memang dapat menjadikan kampus sebagai ‘rumah’ bagi para mahasiswa.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.