Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

Pada November 2019, Garena Indonesia mengumumkan kolaborasinya dengan DJ Alok dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di bidang ekonomi digital untuk generasi muda di Tanah Air. Di mana salah satu realisasinya adalah dengan menyalurkan donasi kepada YCAB Foundation untuk program yang dipandang mampu mendorong keterampilan Science, Technology, Engineering, and Mathematics atau STEM melalui Guru Digital.

Menurut pihak Garena Indonesia, program ini sesuai dengan usaha Pemerintah Indonesia yang memang fokus dalam meningkatkan pendidikan di bidang STEM dalam usaha membawa generasi muda menghadapi Industri 4.0. Apalagi berdasarkan proyeksi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Indonesia membutuhkan sekitar sembilan juta talenta muda di bidang digital hingga tahun 2030 dalam persiapan Industri 4.0. Sehingga tak heran bila pemerintah pusat memang sudah mengalokasikan dana 20 persen dari APBN untuk sektor pendidikan, khususnya di bidang STEM.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation .jpg

Langkah pemerintah inilah yang berusaha didukung oleh Garena Indonesia, YCAB, dan DJ Alok melalui Guru Digital. Di mana sesuai dengan namanya, program ini difokuskan kepada tenaga pendidik. Guru Digital disebut akan memberikan akses kepada para guru untuk mengikuti program pelatihan secara online terkait literasi digital.

“Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, literasi digital perlu menjadi fokus di bidang pendidikan dengan membekali guru dan generasi muda kemampuan teknologi. Dan kerja sama ini menjadi langkah penting dalam menghasilkan generasi muda bertalenta dan meningkatkan kapasitas guru Indonesia karena guru berkualitas dibutuhkan Indonesia,” ungkap CEO sekaligus Pendiri YCAB Foundation Veronica Colondam, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (23/4/2020).

[Baca Juga: Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah]

Dalam program ini, para guru akan diberikan bekal dalam bidang coding, pemrograman, sampai pengembangan soft skill yang dibutuhkan generasi muda dalam menghadapi persaingan di Industri 4.0. Kemudian diharapkan bekal dari Guru Digital ini dapat diejawantahkan oleh tenaga pengajar dalam pelajaran yang nantinya dapat diserap oleh murid-murid mereka.

Persiapan program ini sendiri sudah dilakukan sejak Mei 2020 dengan pelatihannya yang berlangsung selama hampir setahun sejak Agustus lalu hingga Juli 2020. Dengan pesertanya terdiri dari 1.000 guru yang berasal dari DKI Jakarta, Bali, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selama pelatihan, para guru mengikuti berbagai diskusi kelompok, tanya jawab, kuis, sampai minii workshop yang seluruhnya digelar secara online. Kemudian usai mengikuti semua sesi, para guru pun akan diminta untuk membuat rencana pembelajaran untuk para murid-muridnya masing-masing di kelas nanti. Menariknya, setidaknya akan ada lebih dari 100.000 siswa yang akan mendapatkan bekal pengetahuan dari para guru yang mendapatkan pelatihan di Guru Digital dan akan dicari sepuluh siswa terbaik hasil dari program ini untuk mendapatkan beasiswa pemrograman di Hacktiv8.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.