gamelanOK2.jpg

Pendidikan

Guru SD Lestarikan Budaya Jawa Lewat Laras Budaya Bumi Pertiwi

Bagi masyarakat Jawa, Gamelan menjadi salah satu instrumen yang sering digunakan untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional jawa seperti wayang kulit, wayang orang, ketoprak, kuda lumping, karawitan dan lain sebagainya. Namun seiring perkembangan zaman, seni dan budaya tradisional Jawa ini seakan terkikis oleh gempuran budaya barat yang semakin mendominasi kaum muda. Tak heran, jika seni karawitan, gamelan dan wayang semakin lama semakin luntur dan digantikan oleh budaya luar.

Namun harapan masih ada khususnya bagi warga Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Setiap hari Minggu pertama dan ketiga anak-anak di Kelurahan Kalipancur ini memang diarahkan dan dilatih dalam kegiatan kesenian karawitan untuk mengisi waktu luang di sore hari. Selain sebagai sarana memanfaatkan waktu kosong, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian kebudayaan Jawa. “Setiap satu bulan dua kali, khusus anak-anak, tapi ibu-ibu juga boleh. Biar generasi kita mengenal tradisi, budaya Jawa,” kata Didik Sutardi, Ketua RT III RW I Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

gamelanOK3.jpg

Puluhan anak-anak yang berusia tidak lebih dari sepuluh tahun tampak asyik memainkan alat musik gamelan di Balai RW I Kampung Ringintelu, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Didik sebagai pencetus kegiatan ini memang sengaja memanfaatkan peralatan gamelan lengkap yang memang sudah ada sebelumnya. Memang belum ada bantuan dari pemerintah kota Semarang untuk mendukung kegiatan ini, namun ia berharap akan ada yang memperhatikan kondisi yang dialami para generasi muda saat ini. “Ini swadaya, selama ini belum ada support dan bantuan yang kami terima,” ujar Didik.

[Baca Juga: Mitoni, Tradisi Kehamilan Dalam Budaya Jawa yang Sarat Makna]

Didik mengungkapkan bahwa dahulu di tahun 2020 ada segelintir orang tua yang memiliki ketrampilan memainkan alat musik gamelan, namun saat ini para generasi muda malah tidak ada yang mau meneruskannya. Karena keprihatinannya itulah ia ingin membangkitkan lagi semangat anak-anak untuk melestarikan budaya Jawa. “Dulu saya buat kegiatan seperti ini karena prihatin dengan tradisi yang tidak ada generasi. Sebelumnya tahun 2020, ada bapak-bapak atau orang tua yang gamel (niyaga) tetapi sudah tidak ada, makanya tergerak hati saya untuk melakukan ini,” terangnya lagi.

Kelompok penabuh gamelan ini ia beri nama Laras Budaya Bumi Pertiwi. Adanya kelompok ini menjadi pengingat jika masih ada pemuda yang ingin meneruskan budaya nenek moyang ini. “Pembentukan namanya baru 14 Maret 2021 lalu. Sebetulnya mau dipentaskan ketika malam tirakatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, namun karena masih ada pembatasan belum ada pentas,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (18/10/2021).

gamelanOK.jpg

Rencananya pagelaran Laras Budaya Bumi Pertiwi akan diselenggarakan pada Moment Hari Anak Nasional di bulan November mendatang dan pada moment Tahun Baru 2022. Tantangan yang dihadapi Didik untuk melestarikan budaya Jawa ini cukup beragam, beberapa diantaranya adalah mencari cara agar generasi muda tak mengalami ketergantungan gadget, tantangan lainnya adalah kurangnya dukungan dari orang tua kepada anak-anak yang tertarik melestarikan budaya Jawa. “Ini perlu dilakukan, perlu sekali untuk menghindari dari gadget. Tantangan anak-anak sekarang adalah gadget yang luar biasa dampaknya. Bahkan murid-murid saya yang di sekolah banyak yang terkena sakit mata,” tandas Didik yang juga merupakan guru Sekolah Dasar.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.