Habibie Tutup Usia, Bagaimana Kabar Pesawat R80

Bisnis

Habibie Tutup Usia, Bagaimana Kabar Pesawat R80?

Baharudin Jusuf Habibie pada 11 September 2019 lalu tutup usia di umur 83 tahun setelah berjuang melawan penyakitnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kepergian Presiden Ke-3 Republik Indonesia ini membuat masyarakat berbelasungkawa. Ungkapan kesedihan mengalir dari semua lapisan masyarakat. Bapak Teknologi Indonesia meninggalkan segudang impiannya untuk negeri, yang paling populer adalah pesawat R80.

Pesawat ini merupakan bentuk nyata bakti Habibie, pemuda asal Pare-Pare untuk bangsanya. Jauh berguru ke Jerman, Habibie rela kembali ke negerinya untuk membangun Indonesia. Pesawat penumpang regional jarak pendek ini ermesin win-turboprop. Impian terakhir Habibie ini dibuat perusahaan pesawat Indonesia Regio Aviasi Industri (RAI). Pesawat ini direncanakan mampu menampung penumpang sebanyak 80 hingga 92 penumpang.

Habibie Tutup Usia, Bagaimana Kabar Pesawat R80

Namun, Habibie telah tiada, bagaimana nasih projek terbesarnya ini?

Melansir dari berbagai sumber (12/9/2019) usaha Habibie merajut asa untuk mewujudkan pesawat pertama buatan Indonesia ini kabarnya akan dilanjutkan putranya pertamanya, Ilham Akbar Habibie. Rencananya pada tahun 2025 R80 akan diproduksi massal usai melewati sertifikasi layak terbang

Lewat Instagram resmi Pesawat R80, segenap tim pesawat R80 menyatakan kesiapannya melanjutkan mimpi Habibie. “Selamat jalan, Eyang…Istrahat yang tenang di atas sana. Kami akan lanjutkan #PesawatR80 #terbangpesawatindonesia untuk negeri tercinta ini,” tulis tim Pesawat R80.

[Baca Juga: Teruskan Cita-Cita Habibie dengan Kuliah di 2 Jurusan Ini]

Menteri Pehubungan Budi Karya juga berharap pesawat R80 tetap diproduksi. “Saya berharap, proses ini wajib berlanjut, Kami akan berkoordinasi untuk kelanjutan proyek konstruksi pesawat R80 menjadi suatu kenyataan,” ujar Budi.

Tak hanya itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga optimis jika R80 mampu mengumpulkan modal untuk merealisasikannya. Pelaksana Tugas Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementrian Perindustrian Panggah Susanto menyebutkan, produksi pesawat R80 akan berjalan mulus dan tak akan ada kendali.

Pada tahun 2013 sempat meminta dukungannya kepada Presiden Jokowi, kemudian ia juga mengajak masyarakat untuk turut ambil bagian membangun pesawat ini lewat platform kitabisa.com.

[Baca Juga: Obituari: BJ Habibie Sang Jembatan Peralihan Kekuasaan]

Kini, pemerintah juga telah ikut andil untuk memperkenalkan R80. Aksi ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu, R80 dibawa ke beberapa Negara di Eropa, Korea Selatan, dan Jepang guna memancing investor. Hal ini dilakukan mengingat modal terendah untuk membuat pesawat ini secara massal membutuhkan biaya kurang lebih Rp10 triliun.

Pesawat R80 juga kini sudah masuk ke dalam PSN (Proyek Strategis Nasional) sebagaimana ada di Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 58 Tahun 2017 tentang Proyek Strategis Nasional. Bukan hanya pemerintah yang bersemangat untuk mewujudkan mimpi Habibie menjadi kenyataan, kepergian Habibie mengundang gerakan di masyarakat untuk kembali meramaikan dukungan untuk pesawat R80. Aksi dari masyarakat ini merupakan bukti jika pesawat bukan hanya impian Habibie, masyarakat pun seakan tak rela mimpi besar ini terkubur bersama jasadnya.

Per tanggal 12 September 2019, dana dari masyarakat yang turut serta membantu proses produksi R80 sudah terkumpul Rp9.301.761.305. Salah satu donatur di Kitabisa Wakhidatus Sholikhah menyebutkan, “Mimpi bapak adalah mimpi kita semua, terbanglah R80. InsyaAllah Bapak Habibie akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Alla SWT. Amin,” sebut Wakhidatus.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.