Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor

Berita Kawasan

Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor

Mengenal permainan tradisional tidak ada salahnya di era sekarang yang penuh dengan kecanggihan teknologi yang menghadirkan permainan dalam bentuk digital. Permainan tradisional pun lebih memiliki banyak manfaat ketimbang permainan online. Banyak permainan tradisional yang berguna melatih ketangkasan, dan baik untuk kesehatan tubuh. Karena, dalam permainan tradisional biasanya sekaligus berolahraga. Jadi, tak heran jika permainan tradisional juga dikenal sebagai olahraga tradisional, seperti permainan hadang.

Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor

Berdasarkan catatan dalam laman warisanbudaya.kemdikbud.go.id (1/1/2012), hadang atau yang biasa disebut gobak sodor adalah sejenis permainan daerah asli dari Indonesia. Dulu, permainan ini menjadi permainan favorit anak-anak kecil sebelum memasuki era digitalisasi. Tak hanya dimainkan saat ada perlombaan, baik untuk peringatan Hari Kemerdekaan atau hari jadi Kabupaten atau Kota saja, tetapi juga dimainkan saat mengisi waktu senggang. Karena permainan hadang bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan alat apa pun.

[Baca Juga: Inilah Pemenang Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat DKI Jakarta]

Hadang atau gobak sodor ini bisa langsung dimainkan di ruangan terbuka, seperti lapangan sekolah, halaman rumah, lapangan terbuka, stadion, atau jalan raya bila memungkinkan. Permainan ini juga bisa dimainkan di ruangan tertutup, seperti gedung olahraga atau gedung pertemuan.

Sebenarnya, hadang lebih dikenal dengan nama lain galasin untuk di kawasan Jakarta. Namun, memang tak semuanya mengenal hadang dengan nama tersebut. Ada juga yang lebih mengenalnya dengan gobak sodor. Permainan ini dimainkan dua tim yang terdiri dari 3-5 orang dalam satu tim. Inti permainannya adalah menghadang tim lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Untuk meraih kemenangan, seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan hadang sebagaimana dilansir indonesiakaya.com (26/7/2019).

[Baca Juga: Komunitas TGR Lestarikan Permainan Tradisional pada Hari Kartini]

Area lapangan hadang atau galasin ini berbentuk petak persegi panjang yang memiliki panjang lapangan sekitar 15 m dan lebar 9 m. Area tersebut dibagi enam petak dengan masing-masing berukuran 4,5 x 5 m. Pinggir area lapangan hadang biasanya di beri tanda dengan kapur. Garis permainan ini ditandai dengan garis selebar 5 cm.

Permainan hadang ini biasanya dilakukan dalam waktu 2 kali dalam 15 menit. Pemenang akan ditentukan berdasarkan besarnya nilai yang diperoleh dalam satu tim, setelah permainan berakhir. Coba ajak adik-adik atau anak-anak Anda untuk bermain permainan ini yuk, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.