Hadapi Bencana Banjir, Pemkot Depok Siapkan Dana Tanggap Darurat

Berita Kawasan

Hadapi Bencana Banjir, Pemkot Depok Siapkan Dana Tanggap Darurat

Hujan yang mengguyur Jabodetabek pada momen malam pergantian Tahun Baru 2020 telah memicu kondisi bencana banjir di sejumlah titik dengan Kota Depok yang turut merasakan dampaknya. Di mana tak hanya air banjir saja yang mengenangi tempat tinggal para warganya namun bencana longsor juga terjadi di Kota Depok. Kondisi ini pun memicu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang mengumumkan masa tanggap darurat selama 14 hari sejak tanggal 1 Januari 2020.

Pengumuman situasi tanggap darurat ini dilakukan usai Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan peninjauan di beberapa lokasi bencana yang diantaranya adalah di Jalan Arif Rahman Hakim, Kampung Lio Kecamatan Pancoran Mas, Rawageni Kecamatan Cipatung, dan Pasir Putih Kecamatan Sawangan. Kunjungan terhadap lokasi tersebut juga dimanfaatkan untuk langsung mendengar keluh kesah warga.

Hadapi Bencana Banjir, Pemkot Depok Siapkan Dana Tanggap Darurat

Sekadar informasi, wilayah yang paling parah dampaknya akibat bencana di Kota Depok adalah di Pesanggrahan Kelurahan Pasir Putih (Kecamatan Sawangan) dan Kelurahan Pangkalan Jati Baru (Kecamatan Cinere). Sebagaimana dilansir dari liputan6.com (1/1/2020), bencana ini setidaknya menyebabkan tiga orang yang kehilangan nyawanya.

Setelah melihat situasi di wilayahnya, Mohammad Idris pun menetapkan status tanggap darurat melalui Surat Keputusan Wali Kota Depok Nomor: 422/01/kpts/Huk/2020. Di mana status ini sudah mulai diberlakukan mulai hari pertama pada Tahun Baru 2020 hingga 14 Januari 2020.

[Baca Juga: Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir]

Penetapan situasi ini dilakukan berdasarkan penilaian Pemkot Depok terhadap laporan serta pengkajian secara cepat pasca-bencana yang menimpa wilayahnya pada 1 Januari 2020. Di mana bencana tersebut dinilai telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerugian ekonomi warga termasuk harta benda mereka, hingga kerusakan infrastruktur.

Pemkot Depok pun menggunakan anggaran Biaya Tidak Terduga tahun 2020 sebesar Rp20 miliar sebagai dana untuk tanggap darurat bencana. Pembahasan mengenai dikucurkannya dana ini dilakukan Mohammad Idris bersama jajaran Pemkot Depok pada sesi Rapat Penanggulangan Bencana Kota Depok yang digelar pada 2 Januari 2020 di Balai Kota Depok.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Siagakan Puluhan Posko Kesehatan Korban Banjir]

“Dengan ditetapkannya status itu, sesuai dengan ketentuan, kita bisa menggunakan anggaran tersebut untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Termasuk menggunakannya untuk keperluan barang dan jasa selama masa darurat,” tutur Wali Kota Depok itu, sebagaimana dikutip dari depok.g.id (2/1/2020).

Anggaran yang digunakan untuk status tanggap darurat bencana ini disebut akan digunakan dalam pembuatan tanggul, tenda darurat, dapur umum, serta penyediaan kebutuhan logistik seperti obat, makanan, minuman untuk para korban terdampak banjir Depok. Mohammad Idris juga menuturkan, dana ini nantinya akan turut digunakan dalam pembuatan bronjong atau gabion.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 9 months lalu
    kelly

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. .