Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias 2.jpg

Bisnis

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias

Sebentar lagi berbagai wilayah di Indonesia akan mulai mencoba menerapkan kondisi new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19. Di mana para pengusaha pun harus bersiap untuk beradaptasi dengan keadaan baru ini agar bisnis mereka tetap berjalan dengan baik. Hal yang sama juga perlu diterapkan para pengusaha ikan hias jika ingin bisnisnya tetap menghasilkan omzet yang baik. Menurut Ivan Prima Kosalim dengan bisnisnya IvanPlastik, pemasaran secara online menjadi kunci penting dalam adaptasi new normal ini.

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias.jpg

Ivan dengan bisnisnya yang berfokus di penjualan aksesoris serta ikan cupang hias mengaku berhasil mengembangkan usahanya dengan omzet yang meningkat setiap bulannya. Bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang memicu Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di lokasi usahanya, yaitu di Kota Depok, hal ini tidak memiliki dampak terhadap bisnisnya. Bahkan selama masa PSBB Depok, ia berhasil mendapatkan pemasukan hingga ratusan juta rupiah dari bisnisnya.

[Baca Juga: Di Tengah PSBB, Pengusaha Ikan Cupang Ini Tetap Raih Keuntungan]

Omzet dari bisnis yang berjalan karena hobinya di ikan cupang ini tidak terlepas dari bagaimana fokus pemasaran yang dilakukan Ivan. Di mana dengan nama Ivanplastik, merek ini terbilang sudah dikenal oleh para penghobi ikan cupang serta breeder yang membutuhkan berbagai aksesoris untuk ikan-ikan mereka, dari mulai pakan, obat, sampai saringan. Ivan sendiri tidak memiliki toko fisik dengan menjalankan bisnisnya dari rumah serta peternakannya dan ini sebenarnya dapat dicoba oleh para pengusaha ikan hias di kala new normal, khususnya bagi mereka yang belum lama berkecimpung.

“Tips-tips buat pemain baru mungkin pemasarannya harus ikut ke dalam di dunia online. Karena bagaimanapun kamu buka usaha di gang kecil pun asal masih terjangkau sama kurir, kamu masih berdagang,” sebut Ivan kepada PingPoint.co.id melalui aplikasi chat (2/6/2020).

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias 3.jpg

Oleh karena itu, ia menyarankan bagi pengusaha ikan hias agar didorong berfokus ke online dibandingkan membuka kios. Selain terkait anggaran modal yang lebih besar, ini juga tidak terlepas dari pengusaha yang harus memastikan di bisnisnya menjalani protokol kesehatan sesuai kebijakan new normal. Terlepas dari kondisi new normal atau tidak, tak lupa poin pengaturan pemasukan juga penting menurut Ivan.

“Otomatis harus ada manajemen yang baik ya. Dalam artian, setiap keuntungan kalau bisa jangan diambil semua, sisihin untuk diputar lagi ke barang hingga semakin banyak lagi stok barangnya,” ujarnya.

Setelah bertahun-tahun menjalani bisnisnya dan berhasil melewati kondisi PSBB Depok dengan omzet yang besar, bagi Ivan, bisnis ikan hias dan aksesoris sebenarnya tetap menguntungkan di new normal. Pasalnya menurut Ivan, semua bidang usaha yang bergerak di bidang hobi dapat terus berjalan karena dipicu banyaknya penghobi sebagai konsumennya, contohnya adalah penghobi ikan cupang yang saat ini masih terus naik daun.

Read More

Artikel Lainnya

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.

94171381_l.jpg

Hobi dan Hiburan

Tayangan Netflix Dapat Diakses Oleh Pelanggan Jaringan TelkomGroup

08 July 2020, 17:01

Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id mengakses konten-konten Netflix.


Comments


Please Login to leave a comment.