Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias 2.jpg

Bisnis

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias

Sebentar lagi berbagai wilayah di Indonesia akan mulai mencoba menerapkan kondisi new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19. Di mana para pengusaha pun harus bersiap untuk beradaptasi dengan keadaan baru ini agar bisnis mereka tetap berjalan dengan baik. Hal yang sama juga perlu diterapkan para pengusaha ikan hias jika ingin bisnisnya tetap menghasilkan omzet yang baik. Menurut Ivan Prima Kosalim dengan bisnisnya IvanPlastik, pemasaran secara online menjadi kunci penting dalam adaptasi new normal ini.

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias.jpg

Ivan dengan bisnisnya yang berfokus di penjualan aksesoris serta ikan cupang hias mengaku berhasil mengembangkan usahanya dengan omzet yang meningkat setiap bulannya. Bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang memicu Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di lokasi usahanya, yaitu di Kota Depok, hal ini tidak memiliki dampak terhadap bisnisnya. Bahkan selama masa PSBB Depok, ia berhasil mendapatkan pemasukan hingga ratusan juta rupiah dari bisnisnya.

[Baca Juga: Di Tengah PSBB, Pengusaha Ikan Cupang Ini Tetap Raih Keuntungan]

Omzet dari bisnis yang berjalan karena hobinya di ikan cupang ini tidak terlepas dari bagaimana fokus pemasaran yang dilakukan Ivan. Di mana dengan nama Ivanplastik, merek ini terbilang sudah dikenal oleh para penghobi ikan cupang serta breeder yang membutuhkan berbagai aksesoris untuk ikan-ikan mereka, dari mulai pakan, obat, sampai saringan. Ivan sendiri tidak memiliki toko fisik dengan menjalankan bisnisnya dari rumah serta peternakannya dan ini sebenarnya dapat dicoba oleh para pengusaha ikan hias di kala new normal, khususnya bagi mereka yang belum lama berkecimpung.

“Tips-tips buat pemain baru mungkin pemasarannya harus ikut ke dalam di dunia online. Karena bagaimanapun kamu buka usaha di gang kecil pun asal masih terjangkau sama kurir, kamu masih berdagang,” sebut Ivan kepada PingPoint.co.id melalui aplikasi chat (2/6/2020).

Hadapi New Normal, Ini Tips untuk Pengusaha Ikan Hias 3.jpg

Oleh karena itu, ia menyarankan bagi pengusaha ikan hias agar didorong berfokus ke online dibandingkan membuka kios. Selain terkait anggaran modal yang lebih besar, ini juga tidak terlepas dari pengusaha yang harus memastikan di bisnisnya menjalani protokol kesehatan sesuai kebijakan new normal. Terlepas dari kondisi new normal atau tidak, tak lupa poin pengaturan pemasukan juga penting menurut Ivan.

“Otomatis harus ada manajemen yang baik ya. Dalam artian, setiap keuntungan kalau bisa jangan diambil semua, sisihin untuk diputar lagi ke barang hingga semakin banyak lagi stok barangnya,” ujarnya.

Setelah bertahun-tahun menjalani bisnisnya dan berhasil melewati kondisi PSBB Depok dengan omzet yang besar, bagi Ivan, bisnis ikan hias dan aksesoris sebenarnya tetap menguntungkan di new normal. Pasalnya menurut Ivan, semua bidang usaha yang bergerak di bidang hobi dapat terus berjalan karena dipicu banyaknya penghobi sebagai konsumennya, contohnya adalah penghobi ikan cupang yang saat ini masih terus naik daun.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.