Hadapi Pandemi COVID-19 Kala Ramadan, Chilibeli Terapkan Strategi Baru

Bisnis

Hadapi Pandemi COVID-19 Kala Ramadan, Chilibeli Terapkan Strategi Baru

Perusahaan yang bergerak di bidang platform social commerce untuk produk segar berbasis komunitas Chilibeli baru-baru ini mengumumkan strategi bisnis barunya. Di mana strategi ini dihadirkan tidak terlepas dari kondisi pandemi COVID-19 yang masih terus membayangi Indonesia sekaligus diadaptasi dari masyarakat yang saat ini #DiRumahAja. Pihak Chilibeli menyebut, strategi ini difokuskan dalam menjawab tantangan yang dihadapi Mitra serta Sahabat (konsumen) dari Chilibeli untuk memasok serta mendapatkan produk segar.

Sekadar informasi, Chilibeli yang diluncurkan pada tahun 2019 menggandeng ibu-ibu yang disebut dengan Mitra untuk menjadi agen. Di mana Mitra bergerak untuk membantu proses belanja para Sahabat (komunitas di lingkungan yang sudah menjadi rangkulan Mitra) untuk kebutuhan bahan pokok yang segar. Dengan langkah ini maka Chilibeli memotong jalur distribusi yang panjang antara petani, pengusaha, produsen lokal, konsumen atau end user.

[Baca Juga: Chilibeli, Aplikasi Social Commerce yang Mudahkan Ibu Beli Sayur]

Namun perkembangan platform Chilibeli mengalami rintangan dengan munculnya pandemi COVID-19 serta ditambah dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Dengan Chilibeli yang melihat terjadinya melambatnya pertumbuhan pada target Hotel Restaurant Café (HoReCa) yang menjadi bagian fokus Business-to Business atau B2B dari Chilibeli. Hal ini utamanya dipengaruhi oleh banyaknya akses yang ditutup serta Mitra yang tak bisa meninggalkan rumah mereka. Demi mengatasinya, Chilibeli memilih melakukan dua langkah solusi.

“Pertama, kita mengembangkan jaringan Mitra dan Sahabat Chilibeli yang telah ada dengan cara membuka komunitas baru di Surabaya. Karena Chilibeli juga mempunyai warehouse di Surabaya, sama seperti Chilibeli Jakarta, di daerah Pakal Surabaya. Untuk yang kedua, kita perbaharui aplikasi Android dan situs Chilibeli dengan fitur baru,” ujar Head of Marketing Communications Chilibeli Yumir Syamsyah Lubis pada sesi Diskusi Virtual Media: Kenerja Chilibeli Selama COVID-19 dan Rencana Pemulihan Kerja melalui Zoom (14/5/2020).

Hadapi Pandemi COVID-19 Kala Ramadan, Chilibeli Terapkan Strategi Baru

Yumir melanjutkan, sebelum strategi ini diterapkan, Sahabat mendapatkan produk segar yang mereka inginkan dengan cara mengambilnya dari rumah Mitra. Namun dengan pembaharuan ini maka Sahabat bisa langsung menerima produk yang mereka inginkan tanpa perlu keluar rumah.

Chilibeli sendiri sudah siap melayani Sahabat yang berada di area Jakarta, Tangerang, Depok, dan saat Surabaya. Dengan Anda cukup mengakses www.chilibeli.id atau apps Chilibeli dan memiliki kirim langsung usai melakukan pemesanan. “Produk dapat didapatkan H+1, apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 2 siang di hari sebelumnya,” ucap Brand Specialist Chilibeli Gabriela Davita.

[Baca Juga: Rekomendasi Toko Sayur Online Buat yang Suka Masak di Rumah]

Setelah menangani tantangan yang muncul akibat COVID-19 serta PSBB terhadap bisnisnya, langkah berikutnya dalam strateginya adalah untuk semakin merangkul para Sahabat serta Mitra Chilibeli. Hal ini direalisasikan dengan platform social commerce ini pun mengadakan kampanye #KebaikanMitraChilibeli yang digelar selama bulan Ramadhan untuk menceritakan bagaimana usaha dari Mitra selama kondisi pandemi COVID-19, bingkisan sembako khusus lebaran dengan harga terjangkau, dan hadiah untuk para Mitra yang berprestasi.

Chilibeli juga melakukan inisiatif pemantauan dalam rangka untuk penyesuaian harga barang pokok dan berusaha agar tetap harga yang ditawarkan ke Sahabat tetap stabil. “Harga kan setiap hari berubah, harga produk-produk fresh dan sembako. Kita ngeliat kelonjakan harga itu trennya sekitar menjelang Ramadan, tapi per hari kemarin (13/5/2020) harga sudah mulai stabil. Tapi tim research di Chilibeli juga terus memonitor harga, terutama menuju lebaran ini. Di mana kita selalu berusaha untuk memastikan harga Chilibeli ini lebih murah dari rata-rata pasar,” tambah Yumir.


Read More

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.