Hadirkan Investasi Mikro yang Lebih Bermakna, Amartha Hadirkan Fitur Impact Investing.jpg

Bisnis

Hadirkan Investasi Mikro yang Lebih Bermakna, Amartha Hadirkan Fitur Impact Investing

Konsep impact investing bukanlah sesuatu yang baru di Tanah Air bahkan selama beberapa tahun terakhir, konsep ini sudah banyak diterapkan. Di mana pada dasarnya impact investing adalah pendanaan dari investor yang tak hanya ingin investasinya meraih keuntungan semata tapi juga dapat bermanfaat dari sisi sosial serta lingkungan. Mayoritas impact investing di Indonesia dilakukan oleh perusahaan modal ventura atau perbankan besar, namun PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) melakukan gebrakan yang berbeda. Karena pendanaan mikro mereka juga memberikan kesempatan kepada Anda sebagai lender untuk ikut impact investing.

Langkah menghadirkan fitur impact investing ini tak terlepas dari mayoritas lender atau pendana yang hadir di marketplace Amartha yang berasal dari kaum milenial. Pasalnya, kaum milenial dipandang sebagai generasi yang paling melek finansial sekaligus peduli dengan isu sosial serta lingkungan di Tanah Air. Sehingga Anda sebagai pendana bukan hanya berkesempatan membantu pengusaha perempuan mikro di desa-desa untuk mengembangkan usaha mereka melalui modal tapi Anda juga bisa membantu memberikan dampak positif.

Hadirkan Investasi Mikro yang Lebih Bermakna, Amartha Hadirkan Fitur Impact Investin g.jpg

“Pendana milenial sangat berpeluang besar untuk menyuburkan tren impact investing di Indonesia. Dengan karakter yang melek digital serta kemampuan dan literasi keuangan yang baik, Amartha melihat dominasi generasi millenial dalam impact investing masih akan terus berkembang,” ungkap AVP of Marketing and PR Amartha Rezki Warni dalam Media Luncheon Tren dan Potensi Impact Investing di Indonesia di Hotel Harris FX Sudirman, Jakarta Pusat (22/6/2022).

“Kontribusi generasi milenial ini merupakan hal yang harus kita dukung dengan teknologi. Oleh sebab itu, saat ini aplikasi Amartha sudah dilengkapi dengan fitur impact investing, di mana pendana dapat mengetahui dampak apa saja yang sudah mereka ciptakan, serta memilih pendanaan berdasarkan kategori impact-nya,” tambahnya.

[Baca Juga: Buka Lapangan Kerja Baru, Amartha Targetkan Perekrutan Sampai Ribuan Pekerja]

Fitur impact investing ini bisa terlihat di samping nama-nama pengusaha perempuan mikro yang ada di marketplace Amartha melalui tiga gambar yang berbeda. Bila disamping nama ibu mitra Amartha itu ada gambar koin maka ini berarti Anda berkontribusi di dampak ekonomi guna meningkatkan ekonomi serta taraf hidup para perempuan tangguh dan UMKM di Tanah Air. Kemudian ada juga gambar orang (dua orang dewasa dan satu anak kecil) ini berarti menggambarkan Anda memberikan dampak sosial guna memberikan kesempatan kepada para ibu-ibu rekan Amartha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga serta orang sekitarnya. Terakhir ada gambar daun yang berarti dengan Anda berinvestasi ke pengusaha mikro perempuan ini maka Anda telah mendukung sektor usaha yang ramah lingkungan dan membantu mengurangi efek perubahan iklim.

Impact investing dapat menjadi pilihan bagi generasi milenial dalam mendiversifikasi portofolio investasinya. Untuk memastikan pendanaan dapat menciptakan dampak, maka pendana harus mencermati portofolio usaha yang akan didanai. Sektor seperti UMKM perempuan, usaha rumah tangga, pertanian dan perkebunan ramah lingkungan, bisa menjadi pilihan untuk melakukan impact investing, karena berpeluang memperoleh imbal hasil dari sektor tersebut dan menciptakan dampak,” tambah Certified Financial Planner Anisa Aprilia.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.