Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Berita Kawasan

Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Area bawah atau kolong jalan tol serta flyover di Ibu Kota kebanyakan hanyalah lahan kosong yang kerap digunakan pengguna motor untuk berlindung di kala hujan. Selain itu, lahan ini juga terkadang terlihat hanya diisi pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Namun pemandangan yang berbeda bisa Anda lihat di area lahan yang berada di bawah kolong Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 atau JORR W2 yang berada di Kelurahan Joglo, Jakarta Barat.

Pemandangan yang berbeda ini disinyalir sebagai langkah untuk melakukan penataan kolong tol menjadi ruang terbuka yang bisa dikunjungi. Sesuai namanya, Taman Betawi, lahan yang dulunya kosong dan tampak terbengkalai, saat ini sudah dihiasi dengan berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan budaya Betawi.

Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Penataan yang dilakukan sejak Agustus 2019 ini ditujukan untuk membuat kolong Tol JORR W 2 agar terlihat lebih indah dan asri. Dengan pihak Kelurahan Joglo menjelaskan, dana serta tenaga dalam pembuatan Taman Betawi merupakan hasil swadaya antara warga, petugas Pekerja Penanganan Saran dan Prasarana Umum (PPSU), instansi terkait, serta Corporate Social Responsibility (CSR).

[Baca Juga: PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar]

Saat ini, kolong Tol JORR W 2 di Kelurahan Joglo sudah dihiasi dengan mural tiga dimensi yang memiliki tema budaya Betawi yang terdiri dari rumah joglo, pemandangan pegunungan, burung elang khas Jakarta, dan bus Transjakarta. Dengan lukisan mural itu yang ditorehkan di tembok yang memiliki panjang 12 meter dan tinggi empat meter di area yang masuk ke kawasan RW 01/08 Kelurahan Joglo.

Selain untuk memperindah kolong tol JORR W2 dengan lukisan mural dan ornamen, area ini juga diperuntukkan untuk ruang terbuka untuk para warga bisa berinteraksi. “Temboknya dibuat mural tiga dimensi. Ada jogging track, arena bermain anak, dan tempat sholat,” ungkap Lurah Joglo Matrullah, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (12/11/2019).

[Baca Juga: Dari 36, Sudah Ada 8 TPS3R di Jakarta Barat untuk Kendalikan Sampah]

Matrullah menyebut, Taman Betawi ini juga akan memiliki para penjaja sajian kuliner khas Betawi, contohnya adalah selendang maya. Dengan para pedagang serta pembuat makanan ini berasal dari elemen anggota PKK dan Karang Taruna di area Kelurahan Joglo. Demi mengantisipasi penumpukan kendaraan milik warga yang parkir di sini, Taman Betawi di kolong Tol JORR W2 ini juga memiliki lahan parkir yang disebut dapat menampung hingga 120 kendaraan roda dua. Saat ini proyek penataan ini telah mencapai 90 persen dengan terget perampungannya pada akhir November 2019.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.