Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Berita Kawasan

Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Area bawah atau kolong jalan tol serta flyover di Ibu Kota kebanyakan hanyalah lahan kosong yang kerap digunakan pengguna motor untuk berlindung di kala hujan. Selain itu, lahan ini juga terkadang terlihat hanya diisi pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Namun pemandangan yang berbeda bisa Anda lihat di area lahan yang berada di bawah kolong Tol Jakarta Outer Ring Road West 2 atau JORR W2 yang berada di Kelurahan Joglo, Jakarta Barat.

Pemandangan yang berbeda ini disinyalir sebagai langkah untuk melakukan penataan kolong tol menjadi ruang terbuka yang bisa dikunjungi. Sesuai namanya, Taman Betawi, lahan yang dulunya kosong dan tampak terbengkalai, saat ini sudah dihiasi dengan berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan budaya Betawi.

Hadirkan Taman Betawi, Kolong Tol JORR Dibuat Lebih Menarik

Penataan yang dilakukan sejak Agustus 2019 ini ditujukan untuk membuat kolong Tol JORR W 2 agar terlihat lebih indah dan asri. Dengan pihak Kelurahan Joglo menjelaskan, dana serta tenaga dalam pembuatan Taman Betawi merupakan hasil swadaya antara warga, petugas Pekerja Penanganan Saran dan Prasarana Umum (PPSU), instansi terkait, serta Corporate Social Responsibility (CSR).

[Baca Juga: PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar]

Saat ini, kolong Tol JORR W 2 di Kelurahan Joglo sudah dihiasi dengan mural tiga dimensi yang memiliki tema budaya Betawi yang terdiri dari rumah joglo, pemandangan pegunungan, burung elang khas Jakarta, dan bus Transjakarta. Dengan lukisan mural itu yang ditorehkan di tembok yang memiliki panjang 12 meter dan tinggi empat meter di area yang masuk ke kawasan RW 01/08 Kelurahan Joglo.

Selain untuk memperindah kolong tol JORR W2 dengan lukisan mural dan ornamen, area ini juga diperuntukkan untuk ruang terbuka untuk para warga bisa berinteraksi. “Temboknya dibuat mural tiga dimensi. Ada jogging track, arena bermain anak, dan tempat sholat,” ungkap Lurah Joglo Matrullah, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (12/11/2019).

[Baca Juga: Dari 36, Sudah Ada 8 TPS3R di Jakarta Barat untuk Kendalikan Sampah]

Matrullah menyebut, Taman Betawi ini juga akan memiliki para penjaja sajian kuliner khas Betawi, contohnya adalah selendang maya. Dengan para pedagang serta pembuat makanan ini berasal dari elemen anggota PKK dan Karang Taruna di area Kelurahan Joglo. Demi mengantisipasi penumpukan kendaraan milik warga yang parkir di sini, Taman Betawi di kolong Tol JORR W2 ini juga memiliki lahan parkir yang disebut dapat menampung hingga 120 kendaraan roda dua. Saat ini proyek penataan ini telah mencapai 90 persen dengan terget perampungannya pada akhir November 2019.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.