Hal Ini Bisa Membantu Pasien Kanker Alami Kesulitan Tidur.jpg

Kesehatan

Hal Ini Bisa Membantu Pasien Kanker Alami Kesulitan Tidur

Selain berdampak pada kesehatan tubuh dan mental, kanker beserta pengobatannya juga dapat mengganggu tidur. National Cancer Institute melaporkan bahwa lebih dari 50 persen pasien kanker mengalami kesulitan tidur. Padahal, pasien pengidap kanker membutuhkan istirahat yang cukup guna menjaga kondisi tubuh agar kuat menjalani pengobatan.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Mengutip laman siloamhospitals.com (18/2/2019), ada beberapa cara untuk mengatasi gangguan tidur pada pasien kanker. Berikut ini beberapa tips mengatasinya:

Olahraga Teratur

Meskipun sedang menjalani pengobatan kanker, pasiesn tetap disarankan untuk berolahraga. Bagi pasien kanker, olahraga dapat membantu meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh, mencegah stres dan depresi, hingga mengurangi adaya efek samping pengobatan. Olahraga yang teratur juga membantu pasien untuk dapat tidur lebih nyenyak. Konsultasikan pada dokter mengenai jenis dan frekuensi olahraga yang bisa dilakukan selama menjalani pengobatan.

Menjaga tidur dan bangun di waktu yang sama

Rutinitas tidur dan bangun pada waktu yang sama akan membuat tubuh terbiasa memiliki waktu tidur yang sama, hingga akhirnya dapat mengatasi masalah tidur. Sebisa mungkin jadwalkan waktu tidur malam dan bangun pagi pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk pada akhir pekan dan hari libur.

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Terapi fisik dan pikiran

Pijat merupakan salah satu terapi fisik yang diyakini dapat membantu menurunkan kecemasan, rasa nyeri, dan gejalan lainnya yang dialami pengidap kanker. Selain itu, terpi lain seperti meditasi, relaksasi, serta terapi perilaku dan kognitif juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membantu memperbaiki kualitasn tidur pasien.

Hindari kafein dan alkohol

Minuman seperti soda, teh, kopi, serta makanan seperti coklat batangan adalah beberapa contoh yang dapat mengganggu pola tidur pasien kanker. Begitu juga dengan alkohol, baik dalam bentuk minuman maupun makanan.

Perhatikan obat yang dikonsumsi

Beberapa obat kanker memang dapat menimbulkan efek samping yang membuat pasien sulit tidur, misalnya prenidson yang masuk dalam golongan obat steroid. Periksa kembali obat-obatan yang dikonsumsi dan konsultasikan pada dokter mengenai hal tersebut serta kemungkinan merubah dosis atau mengganti obat yang sesuai dengan kondisi pasien kanker.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Gangguan tidur pada pasien kanker umumnya disebabkan oleh efek samping kemoterapi dan obat-obatannya, hingga pengaruh stres karena memikirkan kondisi kesehatan. Pasien kanker banyak yang mengalami stres berat karena merasa jenuh, terasingkan, atau terjebak setelah terlalu lama menjalani pengobatan di rumah sakit.

Jika Anda atau kenal dengan pengidap kanker dan mengalami kondisi semacam ini, lakukan beberapa tips di atas dan konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary.jpg

Bisnis

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary

11 August 2022, 15:09

Bagi Anda yang berencana liburan, baik ke dalam dan luar negeri, maka bisa memanfaatkan berbagai potongan harga serta deal dari tiket.com dalam momen perayaan Ann11versary.

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 202 2.jpg

Pendidikan

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 2022

11 August 2022, 11:13

Jelang HUT RI ke-77, Pemkot Jakarta Utara menggelar Festival Literasi Merah Putih Ceria di Koja Trade Mall untuk edukasi literasi bagi anak-anak.


Comments


Please Login to leave a comment.