Halal Bi Halal Dilarang, Salat Id Berjamaah Diizinkan Pemkot Bekasi

Berita Kawasan

Halalbihalal Dilarang, Salat Id Berjamaah Diizinkan Pemkot Bekasi

Beberapa wilayah di Indonesia masih dalam masa berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 H yang diprediksi jatuh pada 24 Mei mendatang. Karenanya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, segenap masjid diimbau untuk tidak menggelar ibadah salat Id berjamaah. Namun hal itu tidak berlaku di Kota Bekasi. Kenapa?

Pasalnya, pada Senin (18/5/2020) kemarin, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko telah berdiskusi bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengenai ketetapan Salat Idulfitri 1441 H pada saat pandemi COVID-19 di Kota Bekasi.

[Baca Juga: Begini Tata Cara Dapatkan Surat Izin Bepergian Saat PSBB Kota Bekasi]

Diberitakan bekasikota.go.id, acara diskusi yang dihadiri Ketua MUI Kota Bekasi, KH. Mir'an Syamsuri, Ketua Muhammadiyah Kota Bekasi, Sukandar Gozali, Pengurus Cabang Nadhatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi, H. Madinah, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi, Abdulmanan dan segenap pendiri organisasi keislaman di Kota Bekasi, telah satu suara mengenai topik diskusi. Secara bersama-sama, telah diputuskan untuk memberi izin pada masjid-masjid yang ada di Kota Bekasi untuk menggelar ibadah salat Id berjamaah.

Eits! Jangan salah paham dulu. Izin ini hanya diberikan pada masjid-masjid yang berada di zona hijau, sedangkan bagi masjid di zona merah tetap tidak menggelar ibadah salat Id berjamaah. Terkait itu, Rahmat menjelaskan lebih lanjut soal pelaksanaan salat Id di masjid yang berada di zona hijau.

Halal Bi Halal Dilarang, Salat Ied Berjamaah Diizinkan Pemkot Bekasi

Dia mencontohkan, misalkan di RW 01 Kelurahan Bekasi Jaya, terdapat tiga 3 Masjid. Maka, sambung dia, dipersilakan membuka salat Idul Fitri di wilayahnya tapi khusus untuk warganya saja, tidak diperbolehkan ada warga yang masuk dari wilayah lain. Dia juga menekankan bahwa pada pelaksanaannya tetap harus menaati protokol kesehatan. "Menjaga jarak, memakai masker dan tidak bersalaman, itu yang perlu diterapkan, dan juga pada 2 hari ini akan di bentuk tim dari per kelurahan untuk memantau zona hijau tersebut jika mengadakan salat Idulfitri," ujarnya.

Selain itu, tambah dia, dari kesepakatan dalam diskusi yang telah digelar tersebut turut juga diputuskan untuk meniadakan kegiatan halal bi halal bagi yang sudah menunaikan salat Idul Fitri di Masjid, para jamaah diminta untuk langsung pulang kerumah dan bisa bersilaturahmi menggunakan sambungan telepon. "Itu yang dikhawatirkan, tidak ada yang tau virus ini, kita harus waspada walau berada di zona hijau, karena setiap harinya zona hijau bertambah dari zona merah yang berkurang, kita tetap harus menggunakan protokol kesehatan," tandasnya.

[Baca Juga: Perbatasan Bekasi-Karawang Terbanyak Kendaraan Pelanggar PSBB]

Ada pun masjid yang diperbolehkan, adalah masjid yang berada di dalam wilayah 29 Kelurahan, yang tersebar di dalam lingkup 10 Kecamatan di Kota Bekasi. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Kecamatan Bekasi Utara: Kelurahan Teluk Pucung, Kelurahan Harapan Jaya, Kelurahan Margamulya
  2. Kecamatan Bekasi Barat: Kelurahan Bintara, Kelurahan Kranji
  3. Kecamatan Bekasi Timur: Kelurahan Bekasi Jaya
  4. Kecamatan Bekasi Selatan: Kelurahan Jakamulya, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kelurahan Pekayon Jaya
  5. Kecamatan Mustika Jaya: Kelurahan Cimuning
  6. Kecamatan Medan Satria: Kelurahan Harapan Mulya, Kelurahan Medan Satria
  7. Kecamatan Jatisampurna: Kelurahan Jatikarya, Kelurahan Jatiraden, Kelurahan Jatiranggon
  8. Kecamatan Pondok Gede: Kelurahan Jatibening, Kelurahan Jatibening Baru, Kelurahan Jaticempaka, Kelurahan Jatiwaringin
  9. Kecamatan Bantar Gebang: Kelurahan Ciketing Udik, Kelurahan Cikiwul, Kelurahan Sumur Batu.
  10. Kecamatan Jatiasih: Kelurahan Jatimekar dan Kelurahan Jatirasa

Sekadar informasi, menurut data yang dipublikasikan Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar), pada Senin (18/5/2020) kemarin, tercatat sebanyak 294 kasus positif COVID-19 dimiliki Kota Bekasi. Dari jumlah itu, 193 pasien dinyatakan sembuh, 58 orang masih dalam perawatan dan sisanya 29 orang dilaporkan meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.