ICMI Gelar Halal Bihalal Bertema Mewujudkan Tangsel Cerdas, Mandiri, dan Religi

Berita Kawasan

Halalbihalal ICMI Wujudkan Tangsel Cerdas, Mandiri, dan Religi

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar halalbihalal serta tausiyah kebudayaan yang diselenggarakan di TBIC pada 29 Juni 2019. Kegiatan tersebut mengangkat tema Mewujudkan Tangsel CMoRe (Cerdas, Modern, dan Religius, red.) dalam Perspektif Sejarah dan Budaya. Hadir para tokoh agama, tokoh masayarakat, tokoh pendidikan, akademisi, seniman dan budayawan serta beberapa tokoh nasional.

Melansir laman berita.tangerangselatankota.go.id (2/07/2019) Ketua ICMI Orda Tangsel Benyamin Davnie berharap dengan adanya halalbihalal tersebut, sesuai dengan tema yang diusung, untuk menggali dan menemukan nilai-nilai sejarah dan budaya dapat menjadi panduan dalam membangunan Kota Tangsel yang cerdas, modern, dan religius," jelas Benyamin yang akrab dipanggil Bang Ben.

[Baca Juga: Pesan Damai Tokoh Lintas Agama Tangerang Selatan]

Bang Ben sekaligus menjabat sebagai Wakil Wali Kota Tangsel mengharapakan dari kegiatan ini melalui pemaparan tentang nilai budaya dan sejarah dapat diambil sebuah pelajaran, serta nilai-nilai secara komprehensif agar dapat berguna bagi kemajuan Kota Tangsel.

Lebih lanjut, Benyamin mengungkapkan bahwa ICMI yang telah ada sejak tahun 1990 ini, dapat meningkatkan kemampuan umat Islam dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan menajdi menjadi faktor penentu bagi suksesnya pembangunan Indonesia khususnya Tangsel.

"Seperti tertulis di dalam anggaran dasar, ICMI bertujuan mewujudkan tata kehidupan masyarakat madani yang diridhoi Allah dengan meningkatkan mutu keimanan dan ketaqwaan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam, kecendekiawanan dan peran serta cendekiawan muslim se-lndonesia," terangnya.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Sementara, akademisi dan sejarawan Mufti Ali, memberikan tausiyah tentang kisah Raden Aria Wangsakara seorang kyai penyebar agama islam di Banten, khususnya wilayah Tangerang. "Salah satu peninggalan beliau yang paling menonjol dan masih diteruskan tradisinya sampai sekarang adalah penulisan iluminasi mushaf Al-Quran dan penulisan kaligrafi indah," tuturnya.

Maka dari itu, saat ini kampung Lengkong yang merupakan tempat wafat serta kiprahnya dikenal sebagai warisan Aria Wangkasara yang dijuluki Kampung Kaligrafi Lengkong. "Semoga kisah beliau dapat memberikan kontribusi dan manfaat untuk mewujudkan Kota Tangsel yang cerdas, modern, dan religius," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.