Ini 6 Cara Alami Redakan Pilek

Kesehatan

Hampir Sama! Ini Perbedaan Flu dengan COVID-19 yang Perlu Anda Tahu

Beberapa ilmuwan telah mempelajari flu musiman selama beberapa dekade. Sebaliknya, untuk Virus Corona baru atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan sakit COVID-19 ini sedikit sekali ilmuwan mengetahui penyebarannya dan berapa banyak kematian yang akan ditimbulkan. Karena penyakit baru, kini para ilmuwan berlomba untuk mencari tahu lebih banyak tentang COVID-19. inilah perbandingannya dengan flu yang dilansir dari laman livescience (20/3/2020).

Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor

Gejala dan Tingkat Keparahan

Flu musiman maupun COVID-19, kedua virus menular ini menyebabkan penyakit pernapasan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Gejala-gejala flu yang khas termasuk demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit otot, sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat, kelelahan dan, kadang-kadang, muntah dan diare.

Gejala flu sering muncul tiba-tiba dan akan sembuh dalam waktu kurang dari dua minggu. Tetapi pada beberapa orang, flu menyebabkan komplikasi, termasuk pneumonia.

[Baca Juga: Mengenal Penyakit yang Disebabkan Virus Mirip COVID-19]

Sedangkan COVID-19, dokter masih berusaha memahami gambaran lengkap dari gejala dan keparahan penyakit. Menurut CDC Gejala yang dilaporkan pada pasien bervariasi dari ringan hingga berat, dan dapat meliputi demam, batuk dan sesak napas.

Menurut sebuah studi review mengenai COVID -19 yang diterbitkan pada 28 Februari dalam jurnal JAMA. Penelitian menemukan pada pasien rawat inap, sekitar 83 persen hingga 98 persen pasien mengalami demam, 76 persen hingga 82 persen mengalami batuk kering dan 11 persen hingga 44 persen mengalami kelelahan atau nyeri otot.

Sementara itu, menurut WHO menjadi catatan, virus pernapasan menyebabkan gejala yang sama, tapi bisa sulit untuk membedakannya berdasarkan gejala saja.

Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh

Pandemi

Penting untuk dicatat bahwa flu musiman, yang menyebabkan wabah setiap tahun, tidak boleh disamakan dengan COVID-19 atau wabah global dari Virus Corona yang sangat berbeda ini.

Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah COVID-19 sebagai pandemi. Ini adalah pertama kalinya WHO menyatakan pandemi atas penyakit yang disebabkan jenis virus Corona.

Risiko Infeksi

Untuk sebagian besar orang di Amerika, risiko langsung terkena COVID-19 masih rendah. Namun, ketika wabah ini meluas justru risiko itu akan meningkat, Menurut CDC, orang-orang yang tinggal di tempat di mana ada penyebaran Virus Corona berisiko lebih tinggi untuk terpapar, seperti halnya petugas kesehatan yang merawat pasien COVID-19.

[Baca Juga: Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir]

Pencegahan

Tidak seperti flu musiman, yang ada vaksinnya untuk melindungi dari infeksi, belum ada vaksin untuk COVID-19. Namun, para peneliti di Institut Kesehatan Nasional AS sedang dalam tahap awal mengembangkannya. Para pejabat telah meluncurkan uji klinis fase 1 dari vaksin potensial untuk COVID-19.

CDC merekomendasikan hal-hal berikut untuk mencegah penyebaran virus pernapasan, yang mencakup Virus Corona maupun virus flu:

  • Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik
  • Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut Anda sebelum tangan dicuci
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit
  • Tinggal di rumah saat Anda sakit
  • Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh

Memantau diri perlu Anda lakukan, agar meminimalkan penyebaran penyakit COVID-19. Tetap waspda dan jaga kebersihan diri. Lekaslah ke dokter, bila sakit untuk pengobatan lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.