Hanya 15 Wilayah Jawa Barat Diizinkan Menerapkan New Normal

Berita Kawasan

Hanya 15 Wilayah Jawa Barat Diizinkan Menerapkan New Normal

Rencana Pemprov Jawa Barat (Jabar) untuk menerapkan kebijakan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di seluruh wilayah Jabar pada 1 Juni 2020 harus ditunda. Pasalnya baru-baru ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui Surat Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor: 443/Kep.287-Hukham/2020 resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tingkat provinsi secara proporsional.

Diperpanjangnya PSBB menurut Emil dilakukan berdasarkan hasil evaluasi PSBB serta masukan dari sejumlah ahli, baik epidemiolog maupun ekonom. Sebab sampai dengan hari ini belum ada penurunan jumlah kasus COVID-19 yang signifikan dan malah memunculkan kasus baru.

[Baca Juga: Lanjut PSBB, Kota Bogor Juga Siapkan Aturan New Normal]

Emil mengatakan bahwa ada 12 wilayah di Jabar yang masuk dalam zona kuning dan masih harus menjalani PSBB. Ke-12 wilayah tersebut adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, dan Kota Depok.

Perpanjangan masa PSBB akan berlaku selama 14 hari kedepan kecuali untuk wilayah Bodebek (Bogor, Depok dan Bekasi) yang hanya diperpanjang selama 6 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei 2020. Pebedaan waktu itu dikarenakan Bodebek sebagai kota penyangga DKI Jakarta telah lebih dulu menerapkan PSBB dibanding wilayah lain di Jawa Barat.

Hanya 15 Wilayah Jawa Barat Diizinkan Menerapkan New Normal

"(PSBB) Kawasan Bodebek (diperpanjang) dari 30 Mei sampai 4 Juni 2020. Sementara di luar Bodebek, perpanjangan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 12 Juni 2020," katanya.

Sementara itu, untuk 15 daerah lainnya yang berada di wilayah Jabar seperti Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, dan Kota Tasikmalaya diperbolehkan untuk menerapkan kebijakan AKB.

"Itu sudah masuk level 2, zona biru, yang boleh melaksanakan, diizinkan Adaptasi Kebiasaan Baru," terang Emil.

[Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Sanksi Jelang Rencana Penerapan New Normal]

Sekolah Belum Dibuka

Meski wilayah di zona biru sudah boleh menerapkan AKB, namun Emil masih belum mau membuka sekolah-sekolah di wilayahnya. Sebab kata Emil, keselamatan anak-anak di Jabar harus diutamakan mengingat jumlahnya yang sangat banyak.

"Jadi, sekolah itu mungkin terakhir, sampai kami betul-betul yakin tidak ada ancaman luar biasa baru wacana sekolah kembali dibuka," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.