Hanya 100.000 Bisa Ikut Workshop Membatik

Berita Kawasan

Hanya Rp100.000 Bisa Ikut Workshop Membatik

Batik sebagai identitas kebudayaan milik Indonesia harus dilestarikan. Melestarikan batik bisa dengan berbagai cara, salah satu perwujudannya yakni dengan memakai pakaian batik. Tidak pada saat hari-hari besar atau acara formal saja, batik bisa juga digunakan pada waktu-waktu di luar itu. Selain itu, dalam bentuk mengembangkan pelestarian batik, seorang warga Kota Tangerang bernama Rina Noviani yang patut dibanggakan dengan hasil usahanya yang memproduksi kain batik dengan membuat motif-motif batik kontemporer, membuat produk-produk fashion hingga craft.

Hanya 100.000 Bisa Ikut Workshop Membatik

Produksi batik yang ia hasilkan bisa dilihat di Kampung Sawah Dalam, Jalan Tripraja No 67, RW 04, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Di tempat tersebut, Rina juga membuka workshop membatik yang dapat diikuti untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Melansir laman tangerangkota.go.id (27/09/2019). Rina Noviani yang memproduksi kain batik bernama Batik Tulis by Reenah Malkia, sudah berdiri sejak Agustus 2018. Sebagai pendiri Batik Tulis by Reenah Malkia, Rina menawarkan siapa pun yang ingin mengunjungi rumah batiknya untuk belajar membatik, cukup membayar Rp100 ribu untuk satu kali pertemuan.

[Baca Juga: Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik]

"Semua fasilitas dan perlengkapan tersedia bagi mereka yang ingin belajar. Mulai dari kain, pewarnaan hingga produksi pengolahan kain batik. Satu kali belajar mereka mendapat pendidikan selama lima jam," ungkap Rina.

Untuk datang ke rumah batik tulis miliknya, dibuka tiap hari dari pukul 12.00 hingga 16.30. Pada hari Sabtu dan Minggu tutup. Dalam situs miliknya sendiri, batikreenahmalkia.business.site terdapat berbagai testimoni yang mengakui kualitas batik tulisnya memang bagus.

[Baca Juga: Pusat Batik & Seni Budaya Bekasi De'Bhagasasi Akan Segera Dibuka]

Rina menjelaskan, untuk satu kali pertemuan peserta akan dilatih menjiplak motif, mencanting, fiksasi hingga lorod. Sedangkan produksi olahan kain batik, mulai dari syal, pouch, totebag, dompet hingga busana. "Peserta yang belajar ke sini banyak dari pekerja dan mahasiswa. Kalau hari libur kebanyakan pelajar yang belajar membatik," katanya.

Tak sekadar membuka kelas membatik, Rina juga rutin memasarkan produk-produk batiknya melalui media sosial. Tak jarang, Rina pun mengikuti berbagai pameran di Kota Tangerang hingga ke luar daerah.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.