Hanya Sebulan Usai Pulih, Pasien COVID-19 di Medan Kembali Terinfeksi

Kesehatan

Hanya Sebulan Usai Pulih, Pasien COVID-19 di Medan Kembali Terinfeksi

Hingga saat ini terhitung sudah ada sekitar 130 pasien positif COVID-19 di kawasan Sumatera Utara dengan jumlah 41 orang yang sembuh. Namun di kala semua pihak menunggu kabar baik terkait pandemi ini, muncul kabar yang mengejutkan dari Kota Medan.

Pasalnya, seorang pasien COVID-19 yang sebelumnya sudah sembuh sekitar sebulan yang lalu, diketahui kembali positif terinfeksi virus SARS-CoV-2. Ini merupakan kali pertamanya kasus pasien yang terinfeksi dua kali COVID-19 terjadi di Sumatera Utara.

Pasien yang kembali dinyatakan positif COVID-19 itu adalah Ori Kurniawan yang namanya saat ini menjadi perbincangan banyak media. Pria yang berasal dari Kabupaten Bireun, Aceh itu bekerja sebagai ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. Ori pertama kali dinyatakan positif terkena COVID-19 pada akhir Maret 2020 dan disinyalir ia kontak dengan virus Corona tersebut ketika ia berangkat ke Jakarta untuk menemani perjalanan dinas Musa.

Hanya Sebulan Usai Pulih, Pasien COVID-19 di Medan Kembali Terinfeksi

Usai dinyatakan positif, ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara itu pun langsung diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Kota Medan sampai 6 April 2020. Pada momen ini, tim medis di sana menyatakannya sembuh dan mengizinkannya kembali ke rumah. Namun sebenarnya tetap ada anjuran agar ia tetap mengisolasikan diri di tempat tinggalnya selama 14 hari. Sayangnya, ia disinyalir tak menjalankan anjuran tersebut.

Sebagaimana dilansir dari thejakartapost.com (5/5/2020), Ori sempat meminta izin kepada Musa untuk pulang ke Bireun untuk bertemu dengan orangtuanya dan beristirahat usai ia dinyatakan sembuh COVID-19. Dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara itu yang mengizinkannya padahal dalam momen ini diketahui bahwa Ori tengah menunggu hasil tes swab kedua yang sebelumnya diambil Dinas Kesehatan Kota Medan guna memastikan ia memang sepenuhnya bebas dari virus SARS-CoV-2.

[Baca Juga: Sekaligus Cegah COVID-19, Tim Asmara Subuh Medan Bagikan Masker]

Tak lama setelah ia berada di Aceh, Dinas Kesehatan Kota Medan mendapatkan hasil dari tes Ori dan di sini diketahui bahwa ia kembali positif COVID-19. Pihak dinas pun langsung menghubungi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bireun terkait hal ini

“Jadi hasil pemeriksaan sampel yang kedua tersebut sudah keluar dan disampaikan pada kita,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19 Bireun Husaini, sebagaimana dikutip dari aceh.tribunnews.com (5/5/2020). Tak lama setelah menerima kabar itu, pihak gugus tugas langsung menjemput Ori dan dirinya saat ini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Martha Friska, Kota Medan.

Temuan di Negara Lain

Terkait mengenai kasus pasien positif COVID-19 yang sebelumnya dinyatakan sembuh dan mendadak kembali positif, sebenarnya sudah terjadi di negara lain. Namun hingga kini masih belum bisa dipastikan apakah ini disebabkan pasien itu memang terifeksi kembali atau bukan.

Pasalnya, terdapat indikasi bahwa seseorang yang dinyatakan kembali positif COVID-19 ternyata di tubuhnya masih ada sisa-sisa virus yang telah mati saja dan bukan kembali terinfeksi virus SARS-CoV-2 baru.

[Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, Ternyata Bisa Tertular Lagi. Ini Penjelasannya]

Pandangan tersebut diperkuat dengan penelitian yang digelar di Korea Selatan terhadap 277 pasien COVID-19 yang kembali sakit atau dinyatakan positif dua kali terinfeksi virus SARS-CoV-2. Dari penelitian itu terungkap bahwa acap kali tes COVID-19 mendeteksi keberadaan jejak virus Corona tersebut di tubuh pasien yang sudah sembuh tapi ini lebih ke jejaknya saja bukan tanda infeksi baru.

“Tes mendeteksi asam ribonukleat dari virus yang mati,” jelas Ilmuan dari Seoul National University Dr. Oh Myoung-don, sebagaimana dikutip dari Yahoo News UK (5/5/2020).


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.