Harapan Komunitas Sepeda Semarang Usai Pandemi COVID-19 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Harapan Komunitas Sepeda Semarang Usai Pandemi COVID-19

Komunitas Sepeda Bikes Culinary and Travel (Biscuit) Semarang menaruh harapan terhadap aktivitas gowes atau bersepeda di Kota Lumpia saat pandemi COVID-19 usai nanti.

Harapan itu muncul kala aktivitas bersepeda kian marak di Kota Semarang saat ini. Ketua Biscuit Semarang Agus Susilo mengatakan, dirinya ingin aktivitas bersepeda bukan hanya angin lalu, dan tetap mewarnai Kota Semarang setelah pandemi COVID-19 berakhir.

“Harapannya bukan ramainya pas pandemi ini saja karena banyak orang yang jenuh di rumah dan tak bisa melakukan aktivitas fisik dengan kegiatan sebelumnya. Kita berharap kegiatan bersepeda ini tetap marak usai pandemi berakhir,” kata Agus, mengutip ayosemarang.com (10/6/2020).

[Baca Juga: Pedagang Positif COVID-19, 2 Pasar di Kota Semarang Ditutup Sementara]

Agus lebih lanjut mengatakan dirinya bersama para anggota Komunitas Biscuit akan terus menebar virus gowes agar warga Kota Semarang semakin senang bersepeda.

Harapan Komunitas Sepeda Semarang Usai Pandemi COVID-19.jpg

Diberitakan halosemarang.id (10/6/2020) bersepeda menjadi olahraga yang dipilih oleh banyak warga Koa Semarang kala pandemi COVID-19. Pada pagi maupun sore hari, terlihat banyak sepeda berlalu lalang di kota ini.

Salah seorang warga Kecamatan Candisari bernama Yudha menuturkan dirinya lebih memilih berolahraga di masa pandemi COVID-19 dengan bersepeda. “Selain juga untuk refreshing, karena bisa berkeliling kota dengan aman, sambil berolahraga,” kata Yudha pada Jumat (5/6/2020).

[Baca Juga: Walau PKM Diperpajang, Pemkot Semarang Sudah Buka Beberapa Tempat Publik]

Senada dengan Yudha, Kris mengungkapkan banyak manfaat yang ia dapatkan melalui bersepeda. Ia mengatakan bersepeda membawa dampak baik terhadap kesehatan fisik maupun mental. “Karena jalan-jalan lebih tenang saat ini, sekarang adalah waktu yang tepat untuk bersepeda,” kata Kris yang merupakan warga Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang.

Selain untuk olahraga, sepeda merupakan moda transportasi yang dipilih warga untuk pergi ke suatu tempat. Banyak warga yang percaya bahwa pergi menggunakan sepeda lebih aman dibandingkan transportasi umum. Ditambah lagi, masih ada pembatasan transportasi umum yang membuat waktu perpindahan tempat semakin lama.

Harapan Komunitas Sepeda Semarang Usai Pandemi COVID-19 1.jpg

Aktivitas bersepeda pun telah telah dicontohkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak April lalu. Seperti dimuat dalam jatengprov.go.id (10/6/2020), Ganjar mengelilingi Kota Semarang untuk mengimbau masyarakat mengenakan masker saat di luar rumah pada 8 April lalu. Ganjar sesekali berhenti menegur warganya yang tak mengenakan masker, kemudian membagikan masker kain yang dibawanya.

“Saya tiap hari berkeliling naik sepeda. Saya lupa, hari ini mungkin hari ke 27,” Ganjar menerangkan pada Kamis (23/4/2020), seperti dikutip dari cnbcindonesia.com (10/6/2020)

“Saya tiap hari masuk, ngobrol dengan pasar-pasar, bawa stiker, langsung saya teriak-teriak tolong jaga jarak, tolong pakai masker, kalau Anda ngeyel pasarnya kita tutup, monggo semuanya mau mengatur diri dengan baik,” lanjutnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.