Pedagang Cabai

Bisnis

Harga Cabai Rawit di Yogyakarta Capai Rp115.000 per Kg

Harga cabai di Kota Yogyakarta mengalami lonjakan kenaikan yang luar biasa. Berdasarkan pantauan di Pasar Demangan, Pasar Serangan dan Pasar Giwangan, pekan ini harga cabai rawit hijau rata-rata naik dari harga Rp35.000 per kg menjadi Rp45.000 per kg, sementara harga cabai rawit merah naik dari harga Rp100.000 menjadi Rp115.000 per kg. Menurut pengakuan sejumlah pedagang kenaikan ini terjadi sejak minggu lalu karena minimnya pasokan dari supplier.

“Saya biasanya terima setoran sampai 15 kilo, tetapi hari ini hanya terima 10 kilogram. Itu pun barangnya kualitasnya biasa,“ ujar Suwarti seorang pedagang sayur di Pasar Demangan Yogyakarta pada Sabtu (20/3/2021 ).

Pastikan Tak Ada Cabai dengan Pewarna, Pemkot Jakarta Pusat Sidak Pasar.jpg

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Sri Riswanti mengungkapkan, kenaikan harga cabai di beberapa pasar tradisional pada pekan ini menjadi perhatian utama dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Sebab, cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat. Oleh karenanya, pihaknya telah melakukan pemantauan harga guna mengetahui sebab kenaikan tersebut.

“Berdasarkan hasil pantauan dapat kami simpulkan bahwa kenaikan harga terjadi akibat gagal panen ditingkat petani. Kegagalan ini berdampak pada kurangnya pasokan cabai di beberapa pasar,“ ujar Riswanti dalam kesempatan berbeda.

[Baca Juga: Pastikan Tak Ada Cabai dengan Pewarna, Pemkot Jakarta Pusat Sidak Pasar]

Disamping adanya kegagalan panen, lanjut Riswanti, kurangnya pasokan juga diakibatkan karena mundurnya masa tanam yang berdampak pada mundurnya masa panen. Oleh karena itu pihaknya meyakini untuk beberapa pekan mendatang harga cabai akan kembali normal.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta berharap agar program Lorong Sayur dan Kampung Sayur yang selama ini telah dilakukan di beberapa wilayah terus dilakukan, karena program ini terbukti efektif menahan laju kenaikan harga cabai.

Risma mencontohkan, salah satu kampung di Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai Kampung Sayur adalah kampung Bausasran. Di kampung ini hampir semua warganya memanfaatkan lahannya dengan menanami sayuran seperti cabai, terung, tomat, sawi dan lain-lain. Selain pekarangan, setiap Lorong gang di Bausaran juga ditanami sayuran oleh Kelompok Wanita Tani kampung setempat, sehingga pada saat harga cabai seperti pekan ini mengalami kenaikan, warga di kampung Bausasran mampu bertahan, karena mereka mengkonsumsi cabai maupun sayuran lain yang mereka tanam sendiri.

Pada awal masa pandemi, hasil panen sayuran dari kampung ini juga sangat membantu warga yang terdampak pandemi, karena pada saat menjalani isolasi mandiri mereka tidak dapat pergi keluar rumah termasuk belanja kebutuhan sayuran ke pasar tradisional . Bahkan hasil panen sayuran juga mampu untuk membantu dapur umum yang ada di kampung sekitarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.