Hari Anak Jakarta Membaca Digelar di Jakarta Barat

Pendidikan

Hari Anak Jakarta Membaca Digelar di Jakarta Barat

Di era digital saat ini, mayoritas warga Indonesia lebih menyenangi mengecek media sosialnya dibandingkan dengan membaca buku. Terutama pada anak-anak yang tumbuh dalam era tersebut, mereka bahkan bisa menghabiskan waktunya hanya untuk melihat-lihat apa yang sedang viral.

Rendahnya minat baca saat ini, membuat berbagai pihak ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi anak bangsa. Untuk menumbuh kembangkan minat baca pada anak-anak, agar menjadi manusia yang lebih unggul dan berkualitas, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) yang menggelar Peringatan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) di Jakarta Barat.

[Baca Juga: Tips Untuk Menarik Minat Baca Anak Versi Taman Baca Inovator]

Sebanyak 612 peserta yang terdiri dari para pelajar berbagai tingkat ini mengikuti berbagai lomba yang bermanfaat, seperti lomba bercerita, puisi, pidato bahasa Inggris, menggambar, mewarnai dan menulis esai (writing competition). Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Wahyu Hariadi menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan Hanjaba untuk meningkatkan kegemaran anak-anak untuk membaca. Kegiatan ini telah digelar secara rutin setiap tahun di lima kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Berbagai perlombaan yang diadakan bukan tanpa tujuan. Hasil yang didapatkan dari perlombaan tersebut diharapkan membuat minat baca anak-anak dapat meningkat. Sebagaimana dilansir beritajakarta.id (25/07/2019).  Wali Kota Jakarta Bara Rustam Effendi mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Hanjaba ini, yang diisi dengan berbagai perlombaan untuk menumbuh-kembangkan minat baca. Karena anak-anak sekarang cenderung lebih menyukai media sosial.  Untuk itu, anak-anak perlu diarahkan ke hal-hal yang lebih produktif seperti membaca buku.

[Baca Juga: Keriaan Peringatan Hari Anak Nasional di Tebet]

Hanjaba perlu digalakkan untuk meningkatkan kegemaran warga untuk membaca. "Kegemaran warga Jakarta saat ini mulai meningkat yang terlihat dari apresiasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat program Baca Jakarta selama 30 hari di bulan April 2019," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat Tri Wahyuning Diah berharap, kegiatan Hanjaba ini mampu menjadi wadah penyaluran bakat generasi muda yang tengah mencari jati diri. “Peserta yang ikut Hanjaba tahun ini sebanyak 612 orang. Kami harap, ini dapat menyalurkan bakat para generasi muda yang tengah mencari jati diri," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.