Hari Bumi di Tengah Ancaman Investasi Saat Pandemi

Bisnis

Hari Bumi di Tengah Ancaman Investasi Saat Pandemi

Bertepatan pada perayaan Hari Bumi Internasional yang jatuh pada 22 April, sejumlah negara di berbagai belahan di dunia justru tengah berjuang terbebas dari pandemi COVID-19. Kini hampir seluruh negara dilanda pandemi, termasuk Indonesia.

Kemunculan pandemi COVID-19 inipun pada dasarnya tak bisa dilepaskan dari sikap acuh segelintir manusia terhadap pelestarian alam. Menurut Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia, virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona dan 60 persen penyakit menular lainnya merupakan zoonosis, yang mana dua per tiganya berasal dari satwa liar.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Berdasarkan laporan UNEP pada tahun 2016, kemunculan zoonosis dikarenakan perubahan lingkungan akibat aktivitas ekonomi seperti intensifikasi pertanian, industrialisasi dan perambahan hutan. Menurut Walhi, ekonomi kapitalistik menjadi penyebab utama kerusakan bumi.

[Baca Juga: Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19]

Pada bulan April lalu saja, Food and Agriculture Organization (FAO) memprediksi adanya ancaman krisis pangan di dunia pada bulan Mei mendatang. Menurut Walhi, dengan kondisi indonesia yang menurut data BPS menunjukkan ketergantungan yang sangat tinggi dengan impor pangan, maka ancaman tersebut dapat melanda tanah air.

Perusak Lingkungan

Ironisnya, di tengah situasi ancaman pandemi dan krisis pangan ini, kepedulian pemerintah dipertanyakan. Menurut data Walhi, lebih dari 60 persen daratan dikuasai untuk investasi, 75 persen sungai tercemar, dan marak terjadi deforestasi.

Menurut Walhi, situasi saat ini justru dimanfaatkan oleh segelintir korporasi untuk melanggengkan kepentingannya dengan merusak lingkungan dan merampas hak rakyat. Pemerintah pun juga justru terlihat berusaha melegalkan RUU yang bermasalah.

[Baca Juga: Ini Alasan Aliansi Masyarakat Sipil Tolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja]

"krisis yang terjadi sama sekali tidak membuat negara ini berubah. Bumi kita, bumi Indonesia dibiarkan terus dirusak oleh investasi. Negara dan korporasi jadi aktor utamanya". Kata Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Nur Hidayati, dalam siaran pers yang diterima Ping Point (22/4/2020).

Oleh karenanya, Walhi menyerukan agar pemerintah dapat menghentikan RUU Cipta Kerja. Pemerintah juga diminta membuat regulasi yang berpihak pada rakyat dan sejalan dengan prinsip kemanusiaan dan lingkungan hidup.

Selain itu, pemerintah diharapkan melakukan evaluasi perizinan industri ekstraktif dan mengubah haluan ekonomi kapitalis menjadi praktik ekonomi nusantara, yakni ekonomi yang berdasarkan kearifan lokal yang adil dan lestari


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co 👍