Hari Bumi Diperingati Warga hingga Siswa SD

Berita Kawasan

Hari Bumi Diperingati Warga hingga Siswa SD

Hari Bumi diperingati sebagian lapisan masyarakat, baik dalam organisasi, komunitas, mahasiswa hingga siswa Sekolah Dasar (SD). Seperti Komunitas Peduli Ciliwung (Mat Peci) yang turut aktif melakukan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Komunitas Peduli Ciliwung bersama warga dan mahasiswa tepat di Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, melakukan aksi membersihkan bantaran Kali Ciliwung di Jalan Arus, RT 07/01, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Hari Bumi Diperingati Warga hingga Siswa SD

Sekitar 100 orang dari berbagai unsur terlibat dalam aksi peringatan Hari Bumi membersihkan bantaran Kali Ciliwung. Selain pembersihan, penanaman pohon endemik juga dilakukan di kawasan tersebut sebagaimana dikatakan Lurah Srengseng Sawah Tubagus Masruri pada lansiran beritajakarta.id (22/4/2019).

"Secara simbolis kita menanam delapan pohon endemik Jakarta yang langka, seperti pohon kemang, menteng, sirsak, kenari, jamblang, alkesa, dan pohon gandaria," ucapnya.

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Aksi pembersihan bantaran Kali Ciliwung dilakukan dengan memilah sampah-sampah plastik maupun daun-daun yang berada di bantaran kali. Hal itu dilakukan agar hasil pilahan tersebut bisa dimanfaatkan lagi untuk dijadikan kompos atau barang kreasi lainnya seperti diutarakan Ketua Mat Peci Usman Firdauz.

"Kami juga melibatkan warga dan mahasiswa agar ke depan mereka semakin peduli dengan kebersihan lingkungan. Kalau kebersihan sungai contohnya kita jaga, maka ekosistemnya juga akan terjaga," tuturnya.

Usman juga berencana menjadikan kawasan Kali Ciliwung di Jakarta Selatan sebagai tempat ekowisata. Dia mengatakan, pihaknya telah mendapat dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dengan diberikannya peralatan yang dibutuhkan. Sehingga dia dan teman-temannya yang tergabung dalam Mat Peci semakin semangat.

"Dari Pemkot Jakarta Selatan kita didukung peralatan yang kita butuhkan, sehinga kami semakin semangat. Ini bisa jadi destinasi wisata baru di Jakarta Selatan,” tandasnya.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Sementara, di belahan kawasan Jakarta Timur lainnya yakni di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, siswa Sekolah Dasar Islam Tapak Sunan melakukan penanaman pohon yang dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bumi.

Hari Bumi Diperingati Warga hingga Siswa SD

Melansir beritajakarta.id (22/4/2019), siswa-siswi menggunakan ikat kepala bertuliskan slogan Selamatkan Tumbuhan dan Bumi. Mereka tampak senang dan bersemangat melakukan penanaman pohon.

Kepala Sekolah Dasar Islam Tapak Sunan Qotrunada mengatakan, kegiatan menyambut Hari Bumi ini tidak hanya diisi dengan kegiatan menanam pohon, tetapi juga diisi dengan kegiatan bernyanyi bersama, serta menonton film animasi dan dokumenter tentang pelestarian lingkungan.

[Baca Juga: Saruga Package Bisnis yang Peduli dengan Lingkungan]

"Kami ingin mengajarkan anak sejak dini agar cinta dan peduli lingkungan. Sehingga saat dewasa, mereka sudah terbiasa dengan menjaga lingkungan," ujarnya.

Seluruh siswa dalam kegiatan ini juga dilatih menanam tanaman hias menggunakan media pot. Jenis tanaman hias yang ditanam seperti, sanseviera atau lidah mertua, kuping gajah, asoka dan lain sebagainya. "Penanaman pohon selain untuk penghijauan juga mengedukasi anak untuk belajar mencintai lingkungan," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.