Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Terhitung sejak awal tahun 2020, Jakarta dan wilayah sekitarnya Bogor, Tangerang dan Bekasi sudah tujuh kali diterjang bencana banjir yang disebabkan cuaca ekstrem dengan curah hujan berintensitas lebat yang berdurasi panjang.

Banjir pertama dirasakan para warga kawasan Jadebotabek pada tanggal 1 Januari 2020, yang kemudian berlanjut lagi diterjang pada tanggal 18 Januari 2020. Lalu banjir yang ketiga dirasakan warga pada tanggal 27 Januari 2020.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Kini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini, yang menyebut hari ini, Rabu (26/2/2020) berpotensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek masih akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Memasuki bulan Februari, ternyata cuaca masih belum bersahabat bagi warga Jabotabek. Untuk keempat kalinya, warga diterjang banjir di tanggal 2 Februari, dan kelima kalinya di tanggal 18 Februari. Belum selesai sampai di situ, untuk keenam kalinya banjir datang berkunjung di tanggal 23 Februari dan terakhir kunjungan banjir adalah beberapa hari lalu yakni 25 Februari 2020.

[Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari]

Apa banjir sudah usai? Belum dapat dipastikan. Meskipun sejumlah titik banjir sudah mengalami penyurutan tapi bisa saja genangan air yang telah susut itu menjadi meninggi lagi. Kenapa? Sebagaimana dilansir dari bmkg.go.id, potensi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang besar kemungkinan akan terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Ada pun rinciannya sebagai berikut.

Waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang akan terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Selain itu, untuk wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat diprediksi ada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

[Baca Juga: Korban Banjir Tangerang Dibantu Pasokan Air Bersih dan Makanan]

Sementara untuk provinsi Jawa Barat, ada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Bogor, dan Cianjur pada sore hari hingga menjelang malam hari. Kemudian di wilayah Bekasi serta Karawang akan terjadi pada malam dan dini hari.

Nah, demikian prediksi BMKG. Terus waspada dan bersiap jika banjir datang lagi, ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.