Hari Jadi Ke-189 Gunungkidul Dirayakan dengan Sederhana

Berita Kawasan

Hari Jadi Ke-189 Gunungkidul Dirayakan dengan Sederhana

27 Mei lalu merupakan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Gunungkidul. Namun, pada tahun ini perayaan hari jadi tak bisa dirayakan sebagai mana mestinya karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Acara perayaan ini diadakan sederhana dengan prosesi adat di Bangsal Sewokoprojo, Kompleks Pemkab Gunungkidul, Wonosari. Semua yang hadir mengenakan baju tradisional adat Jawa Tengah.

Bupati Gunungkidul Badingah menyampaikan tema Hari Jadi tahun ini merupakan Memetri Budaya, untuk terus menjaga dan melestarikan potensi budaya.

[Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Bagikan 200.000 Masker Kain]

"Pada tahun 2020, kami juga mengangkat subtema terkait upaya untuk memberantas COVID-19 dari Bumi Handayani," kata Badingah seperti dikutip dari Tribunjogja. Badingah menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh lembaga, organisasi, dan lapisan masyarakat yang ikut membantu penanganan COVID-19 di Gunungkidul.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berpesan agar Pemkab Gunungkidul selalu sejalan dengan pemerintah provinsi hingga pusat untuk penanganan COVID-19. Ia juga menyampaikan, di tengah Hari Raya Idul Fitri ini DIY masih dalam kondisi kedaruratan kesehatan dan ekonomi. Namun ia juga tetap menjaga kestabilannya.

Hari Jadi Ke-189 Gunungkidul Dirayakan dengan Sederhana

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho menyebutkan, Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul harus dijadikan momentum untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Penyebaran COVID-19 benar-benar memberikan dampak yang luar biasa. Jadi, pulihkan dulu kesehatan dan ekonomi, baru setelah itu berbicara masalah kesejahteraan,” sebut Heri seperti dilansir dari harianjogja.com (28/5/2020).

[Baca Juga: DPP Gunungkidul Beli Hasil Panen Petani untuk Jadi Bahan Warung Gratis]

Heri melanjutkan, masalah kesehatan dan ekonomi merupakan sektor yang paling terdampak Corona, maka dari itu, Pemkab harus terus fokus untuk mengupayakan dan memberikan fasilitas kesehatan untuk mengupayakan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Yogyakarta. Sedangkan pada sektor ekonomi, Pemkab harus memulai proses pemulihan, karena akibat COVID-19 banyak usaha yang mengalami dampak, seperti pariwisata, UMKM, hingga perdagangan.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul Ari Siswanto juga mengatakan hal yang senada, di tengah pandemi ini, kesehatan dan ekonomi menjadi hal yang sangat penting sehingga keduanya tidak boleh diabaikan.

Ari melanjutkan dirinya bersyukur karena masyarakat telah banyak memberikan banyak bantuan untuk yang lebih membutuhkan di tengah pandemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.