BINTARO_FASHION_HARUS DIPAHAMI BUSANA VINTAGE DAN RETRO STYLE ITU BERBEDA LHO_GALIH_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Kecantikan dan Fashion

Harus Dipahami, Busana Vintage dan Retro Style Itu Berbeda

Dunia fashion terus bertransformasi. Tak heran bila tren fashion dari tahun ke tahun selalu berubah mengikuti zaman. Meski begitu, rupanya busana vintage style atau retro style tetap punya peminat tersendiri. Meski jadul, gaya ini tak pernah ketinggalan zaman. Pasalnya, vintage style ataupun retro style yang mempunyai ciri khas unik.

Busana bergaya retro pun kemudian digadang-gadang akan menjadi trend fashion tahun ini. Namun, sayangnya masih ada yang keliru antara vintage style dan retro style. Sama-sama jadul, jadi banyak orang mengira sama saja dan tak jadi masalah. Padahal keduanya punya perbedaan yang cukup mencolok.

Agar tidak salah lagi membedakan mana yang retro, mana yang vintage, dalam artikel ini, PingPoint akan memberikan penjelasan perbedaan dua busana tersebut seperti dikutip dalam laman peranperempuan.id, Kamis (20/9/2018).

BINTARO_FASHION_HARUS-DIPAHAMI-BUSANA-VINTAGE-DAN-RETRO-STYLE-ITU-BERBEDA-LHO_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Beda Era

Vintage adalah gaya berbusana era ’20-an hingga ’60-an. Sedangkan retro style muncul pada era ’70-an. Bisa dibilang, gaya berbusana vintage style sudah lama sekali dibanding busana retro. Busana retro sendiri baru dikenal semenjak dipelopori oleh Michael Jackson dan Elvis Presley.

Beda Motif

Polkadot adalah vintage. Kotak-kotak adalah vintage, sedangkan motif tartan adalah retro. Kalau motif bunga? Bisa vintage, bisa juga retro. Tergantung apa warnanya. Jika motif bunga dengan warna soft, maka itu adalah vintage. Sedangkan retro lebih berani dalam bermain dengan warna maupun motif.

BINTARO_FASHION_HARUS DIPAHAMI BUSANA VINTAGE DAN RETRO STYLE ITU BERBEDA LHO_GALIH_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Vintage Feminin, Retro Berani

Vintage identik dengan dress, baik mini maupun long, dan warna-warnanya lembut. Sementara retro adalah gaya busana yang selalu colorful dan motif yang mendominasi. Vintage seperti lady, sementara retro seperti ingin hangout ke disko. Tentunya disko tahun 70-an.

BINTARO_FASHION_HARUS DIPAHAMI BUSANA VINTAGE DAN RETRO STYLE ITU BERBEDA LHO_GALIH_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Kerah Peterpan Collar

Dari mata orang awam pun, bisa ditebak dress dengan potongan peterpan collar atau kerah peterpan sudah pasti milik vintage. Sementara gaya retro sendiri, pada era ’90-an telah mengenal sweater, denim dan pakaian serba oversized, menanggalkan kerah manis ala peterpan ini. Retro style tak pernah lupa membawa-bawa kesan glamor yang melekat padanya. Mungkin Anda membutuhkan banyak kepercayaan diri saat mengenakannya, berbeda dengan vintage style yang ‘aman’.

Sudah paham dengan perbedaan busana vintage style dan retro style? Cobalah Anda berani tampil beda dalam keseharian dengan gaya tersebut. Untuk mendapatkan busana gaya tersebut pun kini tak sulit. Bisa belanja di online shop, ataupun datang ke gerai fashion konvensional. Di kawasan Bintaro, ada salah satu rujukan berburu busana retro style. Shafira namanya, gerai ini terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor 5, Ruko Gapura Menteng No.51B Bintaro Jaya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.