Haruskah Anda Keramas Setiap Hari Ini Kata Dermatolog

Kecantikan dan Fashion

Haruskah Anda Keramas Setiap Hari? Ini Kata Dermatolog

Perdebatan telah berlangsung selama bertahun-tahun tentang seberapa sering Anda benar-benar perlu keramas. Ada banyak pendapat mengenai angka yang ideal, mulai dari satu kali sehari hingga seminggu sekali. Namun ternyata, dermatolog mengatakan benar-benar tidak ada satu jawaban untuk semua. "Itu tergantung pada tingkat kelembapan rambut dan aktivitas Anda," kata Dermatolog Gary Goldenberg, M.D. yang juga asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York seperti dilansir dari prevention.com (8/7/2020),

Satu hal yang pasti, membersihkan rambut dan kulit kepala adalah penting. Folikel rambut yang dikelilingi sel-sel kulit dan kelenjar minyak, mendorong rambut melalui kulit kepala. Menurut Dr. Goldenberg, kelenjar-kelenjar minyak tersebut menghasilkan zat yang disebut sebum, yang secara alami mengunci kelembapan agar rambut tetap sehat dan lembut. Kelenjar minyak yang sama juga bertanggungjawab akan rambut lepek Anda.

Ini Dampak yang Terjadi Bila Tidak Keramas

"Tujuan dari keramas adalah untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut dari poros rambut itu sendiri," kata Joshua Zeichner, M.D. direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Mount Sinai Hospital, Kota New York. Karena sampo mencapai kulit kepala Anda, sampo juga memiliki efek membersihkan kulit di sana, mirip dengan cara kerja sabun pada kulit tubuh.

Berapa Kali Seminggu?

Tetapi apakah berbahaya mencuci rambut setiap hari? Belum tentu. Namun sekali lagi, ini akan tergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), seberapa sering Anda mencuci rambut harus didasarkan pada berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit kepala.

"Jika Anda memiliki rambut berminyak, sangat aman dan tepat untuk mencuci rambut setiap hari. Namun, jika Anda memiliki rambut kering atau kulit kepala sensitif, Anda tentu tidak keramas bila diperlukan" kata Dr. Zeichner. Beberapa orang mencuci rambut setiap hari, sementara yang lain setiap satu hingga dua minggu, katanya. Ini semua tergantung preferensi pribadi.

[Baca Juga: 6 Dry Shampoo untuk Anda yang Tak Sempat Keramas]

Perlu diingat, bila keramas terlalu sering dapat menghilangkan sebum rambut yang dibutuhkan agar tetap lembap dan lembut. Menurut Dr. Goldenberg, inilah yang menyebabkan kerapuhan atau bahkan kerusakan jika Anda memiliki rambut yang sangat kering.

Jadi, seberapa sering Anda harus mencuci rambut? Tidak ada jawaban yang tepat, bahkan bila dibuat berdasarkan faktor-faktor seperti jenis rambut dan produksi minyak. Perlu diingat bahwa seberapa sering berolahraga, apakah Anda mewarnai rambut, dan bahkan usia juga berperan dalam seberapa sering harus mencucinya.

"Jika Anda sangat aktif, keringat dapat menumpuk dan membantu menangkap kotoran di rambut, Anda perlu keramas lebih sering," kata Dr. Goldenberg. Di sisi lain, rambut yang dirawat secara kimia biasanya perlu dibersihkan lebih sedikit untuk menghindari warna pudar. Dan, seiring bertambahnya usia, kulit kepala Anda menghasilkan lebih sedikit minyak, jadi Anda mungkin tidak perlu sering-sering keramas.

[Baca Juga: Ini Dampak yang Terjadi Bila Tidak Keramas]

Secara umum, para ahli mengatakan ini adalah panduan keramas yang baik untuk mengikuti sebagian besar jenis rambut:

  • Rambut berminyak: Cuci setiap hari atau dua hari sekali. Goldenberg mengatakan dia menggunakan ini sebagai "aturan umum" untuk pasien.
  • Rambut kering dan kasar: Cuci seminggu sekali. "Mereka yang memiliki rambut kering dan kasar biasanya tidak perlu keramas sesering rambut mereka tidak menghasilkan minyak sebanyak," kata Dr. Goldenberg. Beberapa orang lebih suka membilas rambut mereka dengan air dan menggunakan kondisioner setiap beberapa hari sebagai gantinya, metode yang dikenal sebagai “co-washing.”
  • Rambut halus: Cuci setiap hari atau setiap hari. "Rambut halus mudah untuk menutupi sebum, dan bisa terlihat berminyak lebih cepat daripada rambut tebal," kata Dr. Goldenberg.

Masih ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan. "Tampilan dan tekstur rambut Anda akan membantu," kata Dr. Goldenberg. Jika helai Anda terasa kering dan rapuh, keramaslah dengan jeda satu atau dua hari. Jika rambut Anda selalu berminyak, terapkan jeda tiga hari.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Lisa 2 years, 2 months lalu
    lisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami di <a href="https://dupa88.co/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!