Vaksinasi Kab Tangerang 1.jpeg

Kesehatan

Hasil Monitoring, Vaksinasi Kabupaten Tangerang Capai 100.000 Per Minggu

Menjawab problematika kekhawatiran masyarakat pada lonjakan gelombang kedua pandemi COVID-19 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang gencar melakukan kerja-kerja yang fokus pada praktik penanganan. Selain pada kebijakan yang bersifat antisipatif terhadap kemungkinan besarnya penyebaran, Kabupaten Tangerang juga tercatat sebagai salah satu wilayah yang gencar mendorong program vaksinasi dengan baik di Provinsi Banten.

Terbaru, Bupati bersama jajaran pejabat Pemkab Tangerang dengan antusias melakukan monitoring penuh terhadap proses vaksinasi yang sedang berjalan di Kabupaten Tangerang. Tercatat, monitoring massal dilakukan oleh Pemkab Tangerang di Gedung Serbaguna (GSG) di Kecamatan Tigaraksa, Kebupaten Tangerang, Selasa (29/06/2021).

Sebelumnya, proses monitoring juga berjalan di beberapa titik yang menjadi pusat program vaksinasi. Seperti di Sport Club Citra Raya, Suvarna Sutera, Kantor Kecamatan Sindang Jaya, Summarecon Gading Serpong, GOR Pasar Kamis, Kantor Kecamatan Pasar Kamis, QBig Mall BSD City, Universitas Atmajaya Cisauk, dan Gedung Serbaguna Tigaraksa.

AA.jpeg

Hasil dari monitoring massal tersebut mencatat program vaksinasi di Kabupaten Tangerang berjalanan dengan optimal, meski meninggalkan beberapa catatan evaluasi. Seperti, masih ditemui beberapa antrean yang berpotensi melanggar protokol kesehatan di lokasi-lokasi vaksinasi.

“Hasil dari monitoring di 9 titik berjalan lancar, tertib, dan terkendali. Hanya saja saat pagi hari antusias masyarakat cukup tinggi sehingga terjadi antrean, petugas pengamanan meminta agar para peserta yang datang pagi tadi tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan serta jarak, setelah itu Kembali kondusif.” Ujar Bupati Kabupaten Tangerang, yang dipersebarluaskan oleh Diskominfo Kabupaten Tangerang.

Selain kondisi jalannya vaksinasi, program monitoring juga berhasil membaca perkiraan target angka vaksinasi yang dapat dilakukan oleh Pemkab Tangerang selama beberapa waktu kedepan nanti. Melihat jalannya vaksinasi, Pemkab Tangerang menjelaskan bahwa kekuatan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang dimilikinya baru mencapai kadar 10.000 sampai 35.000 dibagi di tiap titik lokasi.

Meski begitu, angka tersebut akan tetap berkontribusi cukup efektif jika program vaksinasi terus dilakukan secara konsisten dan menyasar masyarakat secara menyeluruh. Dengan modal angka yang dimiliki, Pemkab Tangerang menargetkan mampu memvaksin warganya sampai target 100.000 di tiap minggunya.

“Jika ini berjalan baik, warga Kabupaten Tangerang yang dapat tervaksin mencapai, 100.000 per minggu, dan mudah-mudahan hingga bulan Desember 2021, mencapai 2 juta penduduk Kabupaten Tangerang yang tervaksin,” Jelas Bupati Kabupaten Tangerang, sesaat setelah monitoring.

AA2.jpeg

Hal ini juga ditegaskan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Dr. Hendra Tarmidzi yang turut dalam proses monitoring, bahwa angka yang telah disebutkan tidaklah mustahil terjadi. Terlebih selain lokasi-lokasi yang menjadi sentra vaksinasi, Pemkab Tangerang juga telah mengerahkan seluruh rumah sakit dan puskesmas yang ada untuk bertransformasi peran menjadi lokasi vaksinasi sejak beberapa waktu yang lalu, yang sampai hari tercatat ada total 73 titik.

Selain itu, vaksinasi regular oleh Pemkab Tangerang bersama Pemprov Banten juga tetap dioptimalkan berjalanan 2-3 kali dalam seminggu. Sehingga dari langkah-langkah tersebut, vaksinasi dalam berjalan dengan cepat untuk menanggulangi warga Kabupaten Tangerang dari lonjakan gelombang kedua yang semakin mewabah.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.