Hasil Urban Farming di Lokasi P2WKSS Siap Panen

Berita Kawasan

Hasil Urban Farming di Lokasi P2WKSS Siap Panen

Konsep urban farming bukan lagi konsep yang asing di masyarakat perkotaan besar. Awalnya, urban farming memang merupakan inisiasi yang dilakukan para pecinta lingkungan yang bergerak secara mandiri. Namun sekarang kegiatan berkebun di lahan terbatas ini jadi hal yang gencar dilakukan pemerintah agar masyarakat Jakarta dan sekitarnya melakukan pertanian kota.

Kegiatan berkebun di lahan terbatas atau yang sering disebut dengan urban farming, dinilai bermanfaat bagi kesejahteraan keluarga. Para warga bisa memiliki pasokan makanan sendiri dan bahkan bisa dijual. Hal ini tentu mengakibatkan, pendapatan keluarga bertambah dan mampu membantu ekonomi keluarga.

Kegiatan ini rupanya juga digerakan pemerintah Kota Depok, melansir dari depok.go.id (14/6/2019) pemerintah kota melalui Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) menanam benih sayuran bersama warga pada 24 Mei 2019 di lokasi P2WKSS RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, sudah tumbuh dengan subur. Bahkan, kabarnya pekan depan sayuran tersebut sudah bisa dipanen.

[Baca Juga: Urban Farming di BKB Petamburan Panen 25kg Kacang Panjang]

“Kemarin kami menanam berbagai macam bibit sayuran seperti kangkung, bayam merah, bayam hijau, pakcoy, selada dan caisim. Alhamdulillah, pekan depan sudah bisa kami panen,” Penyuluh Pertanian Wilayah Kelurahan Cipayung, Cipayung Jaya dan Pondok Terong Iqbal Kalbardi.

Iqbal melanjutkan, panen sayuran ini merupakan kali kedua semenjak program P2WKSS dijalankan. Panen pertama terjadi pada 20 Mei, hasil tersebut merupakan pembenihan dari bulan April. Hasil panen pertama pun tak tanggung-tanggung, P2WKSS berhasil memanen sayur mencapai 25 kg. “Untuk panen yang pertama, totalnya mencapai 20-25 kilogram. Hasil tersebut sebagian dinikmati Kelompok Wanita Tani (KWT) dan sisanya lagi dijual ke warga sekitar,” ujar Iqbal.

[Baca Juga: Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta]

Ketua KWT Pinggir Setu (Pingset) Iin mengatakan, pihaknya sangat merasakan manfaat pendampingan dari penyuluh pertanian dalam kota atau urban farming. Dengan bekal pelatihan mengenai pertanian ini, Iin dan para anggota kelompok bisa secara mandiri dan berdaya meningkatkan ekonomi keluarga.

“Melalui kegiatan bertani ini, kita mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Mudah-mudahan, ke depannya ibu-ibu di wilayah Boponter bisa secara mandiri memenuhi kebutuhan pangan,” kata Iin.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.