Hati-hati 4 Hal Ini Bisa Anda Alami Jika Tidur Gunakan Kipas Angin

Kesehatan

Hati-hati! 4 Hal Ini Bisa Anda Alami Jika Tidur Gunakan Kipas Angin

Tidur merupakan sebuah proses yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan juga jiwa. Untuk keseimbangan kesehatan tersebut, Anda diharuskan tidur minimal delapan jam selama sehari dan tidur dengan teratur. Akan tetapi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamar tidur Anda juga harus nyaman dan kondisinya juga harus sempurna sehingga membuat istirahat semakin nyaman.

Mulai dari kasur, temperatur ruangan, dan cahaya ruangan juga harus disesuaikan jika Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika terlalu panas tentunya Anda tak bisa tidur dengan kualitas baik, begitu pula jika udaranya terlalu dingin.

Hati-hati 4 Hal Ini Bisa Anda Alami Jika Tidur Gunakan Kipas Angin

Untuk mendapatkan suhu ruangan terbaik, beberapa orang biasanya menggunakan kipas angin di dalam kamar tidurnya. Namun sebenarnya ada beberapa kontra atau beberapa hal yang mungkin saja terjadi jika Anda terlalu sering menggunakan kipas angin di dalam kamar.

Melansir dari boldsky.com (28/5/2020) berikut beberapa kekurangan menggunakan kipas angin dalam kamar yang harus Anda ketahui.

1) Membuat Mata dan Kulit Kering

Penelitian membuktikan, tidur dengan kipas yang menyala dan dalam kecepatan penuh akan mengakibatkan mata kering, khususnya untuk orang-orang yang aktif menggunakan lensa kontak. Selain itu, kontak langsung dengan angin yang cukup kencang dapat membuat kulit kering dan iritasi.

[Baca Juga: Yuk, Jadikan Kamar Tidur Nyaman dan Tertata Baik]

2) Berisiko Membuat Hidung Mampet

Tidur dengan kipas dalam kecepatan tinggi dapat mengakibatkan kekeringan dibagian hidung dan tenggorokan sehingga dapat memicu produksi lendir yang berlebihan, mengakibatkan sinusitis, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

3) Memancing Alergi

Angin yang dihasilkan kipas akan menyebarkan debu, spora, bakteri, dan penyebab bakteri lain di dalam ruangan. Di mana ketika Anda menghirup nafas akan memicu alergi bersin berlebihan, mata berair, hidung tersumbat, tenggorokan gatal, dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

[Baca Juga: Trik Membersihkan Rumah Bagi Penderita Alergi]

4) Memperparah Sakit Otot

Jika Anda tidur terlalu dekat dengan kipas angina, udara yang dingin akan membuat otot Anda mengalami kontraksi dan untuk sebagian orang akan mengalami sakit pada otot dan sendi, sehingga dapat memperparah rasa sakit yang Anda alami. Kondisi ini juga akan membuat risiko kram.

Itulah beberapa hal yang bisa saja Anda alami ketika tidur menggunakan kipas angin di dalam kamar. Walaupun begitu, menggunakan kipas angin juga memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum Anda ketahui.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.