Hati-hati! 4 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Gunakan Toilet Kotor

Kesehatan

Hati-hati! 4 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Gunakan Toilet Kotor

Apakah Anda sering menggunakan sembarang toilet yang tak terjamin kebersihannya? Bila iya, sebaiknya mulai sekarang jangan lagi gunakan toilet bila terlihat kotor. Karena ada penyakit yang bisa muncul akibat menggunakan toilet yang kotor, salah satunya adalah penyakit diare.

Selain diare, penggunaan toilet yang kotor juga menyebabkan beberapa penyakit lain yang berasal dari penyakit menular. Berikut empat penyakit yang bisa muncul akibat menggunakan toilet yang kotor melansir nationalgeographic.co.id (19/11/2019).

[Baca Juga: Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A]

1) Penyakit Demam Tifoid

Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang menular melalui air yang terkontaminasi feses penderita. Keadaan toilet yang kotor bisa saja termasuk ada air yang terkontaminasi dari penyakit ini. Seseorang yang terkena penyakit demam tifoid memiliki gejala-gejala, seperti diare, mual, muntah, nafsu makan menurun, tidak enak badan, dan ruam.

Dinas Kesehatan Depok Himbau Kewaspadaan Dini Atasi Kasus Hepatitis A

2) Hepatitis A

Penyakit lain yang bisa muncul dari penggunaan toilet yang kotor adalah hepatitis A. Penyakit ini memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, hepatitis A akan menimbulkan gejala yang mengganggu aktivitas pendertia, seperti mual, kulit yang kekuningan, dan muntah.

3) Kolera

Kolera juga bisa dialami seseorang bila menggunakan toilet yang kotor. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Vibrio cholerae yang bisa menular melalui air yang terkontaminasi. Gejala yang biasanya dialami adalah diare dengan warna pucat seperti air cucian beras.

Hati-hati! 4 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Gunakan Toilet Kotor

4) Disentri

Disentri juga bisa menular dengan cara yang sama seperti demam tifoid dan kolera. Namun, penyakit disentri bisa dicegah dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet. Gejala dari penyakit ini yaitu demam, mual, muntah, dan BAB berdarah.

[Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah di Akhir Pekan]

Empat penyakit di atas perlu diwaspadai bila Anda menggunakan toilet yang kotor. Untuk mencegahnya, sebaiknya selalu siapkan tisu kering dan sanitasi di dalam tas bila pergi ke luar rumah. Karena, tak semua tempat terutama di Jakarta yang menyediakan fasilitas toilet umum yang bersih. Selain itu, Anda juga perlu siapkan sanitasi di toilet rumah. Agar toilet di rumah pun bisa terbebas dari penyakit akibat toilet yang kotor.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years, 6 months lalu
    octavia

    Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuks bergabung bersama kami dupa88.net memberikan bosnus cashback 100% untuk Kekalahan Modal Pertama, Selain itu hanya bermodal 25K bisa bermain di semua game dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..