Hati-Hati Anak Usia Di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker

Kesehatan

Hati-Hati! Anak Usia Di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker

Untuk mencegah penularan COVID-19 di Indonesia pemerintah pusat sudah mengimbau seluruh masyarakat untuk mengenakan masker, khususnya saat keluar rumah. namun rupanya penelitian kelompok medis Jepang baru-baru ini menyebutkan, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak disarankan menggunakan masker.

Hal ini dikarenakan anak yang masih di bawah dua tahun kesulitan bernapas dan meningkatkan risiko tersedak yang tentunya sangat dihindari mengingat sedang dalam kondisi pandemi COVID-19, kebanyakan fasilitas kesehatan lebih mendahulukan pasien terduga COVID-19.

Hati-Hati Anak Usia Di Bawah 2 Tahun Tidak Boleh Pakai Masker

Melansir dari Liputan6, Asosiasi Pediatrik Jepang telah memperingatkan para orangtua, jika masker terlalu berisiko karena saluran udara yang sempit dapat meningkatkan beban di hati. Masker juga ditemukan dapat meningkatkan risiko serangan panas bagi bayi.

Bahkan, Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan American Academy of Pediatrics (AAP) juga mengatakan, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh memakai masker yang terbuat dari kain dengan alasan yang sama.

Walaupun sejauh ini kasus Virus Corona di antara anak-anak angkanya terbilang rendah namun orang tua tetap diminta untuk berhati-hati dan fokus pada asupan gizi agar imunitas buah hati tetap seimbang. Namun jika anak tetap harus ikut Anda keluar rumah, pastikan jauhkan buah hati dari orang lain dan tetap menjalankan social distancing.

[Baca Juga: CDC AS Peringatkan Dokter Adanya Gejala Baru COVID-19 pada Anak]

Kemudian pastikan Anda menutup gendongan atau kereta bayi dengan selimut yang biasa digunakan saat bertemu orang lain. Selimut dapat memberikan perlindungan dari patogen potensial sementara bayi bisa bernafas dengan nyaman.

Sedangkan anak di atas dua tahun sudah lebih aman menggunakan masker kain, namun jika Anda menemukan kesulitan mengajak buah hati untuk menggunakan masker, coba jadikan ajang memakai masker sebagai kegiatan yang menyenangkan, misalnya permainan ataupun roleplay menjadi pahlawan super. Selalu ingat untuk mencuci masker ataupun selimut yang sudah digunakan untuk keluar rumah agar memastikan tak ada virus yang menempel di baju.

Mengutip dari Tempo, sebuah penelitian yang dilakukan oleh 2.500 anak dengan COVID-19 menemukan, risiko bayi dirawat di rumah sakit lebih besar karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.