KRL di Stasiun Manggarai.jpg

Berita Kawasan

Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19

Sebagai alat transportasi, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line masih menjadi favorit pilihan masyarakat. Membludaknya penumpang KRL setiap jam masuk dan pulang kerja sudah menjadi pemandangan yang lumrah.

Namun di balik itu semua, ternyata KRL Commuter Line juga tidak tak luput dari penyebaran Virus Corona yang mengakibatkan penyakit COVID-19. Bahkan baru-baru ini, lewat data milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, diketahui rute KRL Commuter Line Bogor-Jakarta memiliki potensi risiko tertinggi sebagai tempat penularan virus asal Wuhan, China tersebut.

[Baca Juga: Setelah Diisolasi, 2 Pasien Corona Sudah Dinyatakan Sembuh]

Hal tersebut pun tidak lepas dari rata-rata banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa KRL serta perjalanan penumpang yang memakan waktu hampir satu jam lamanya.

"Risiko kontaminasi terbesar terjadi di wilayah KRL-2 atau rute Bogor-Depok-Jakarta Kota," tulis data yang dipresentasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada saat rapat pimpinan yang diadakan Pemprov DKI Jakarta (11/3/2020).

Senada dengan Anies, Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa pun mengakui jika transportasi umum menjadi tempat yang berpotensi tinggi menularkan COVID-19. Itu dikarenakan banyaknya orang yang berinteraksi di dalam transportasi umum.

Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19

Terkait penentuan KRL rute Bogor-Depok-Jakarta Kota yang dianggap berisiko tertinggi, Eva juga menyebutkan pihak Pemprov sudah berkoordinasi dengan pihaknya. Dengan demikian, penilaian ini tidak hanya berasal dari pihak Pemprov, namun juga dari manajemen KAI.

Untuk meminimalisir potensi risiko penularan COVID-19 di KRL, Eva pun terus melakukan sosialisasi kepada para penumpang KRL. Contohnya bagi penumpang yang kurang sehat seperti batuk dan flu agar menggunakan masker. Selain itu, penumpang juga diberikan edukasi melalui pemasangan media informasi cetak dan digital serta penyediaan hand sanitizer di sejumlah titik.

[Baca Juga: Terkait Corona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Meliburkan Diri]

"Sudah ada kordinasi dari PT KAI Daop 1 bersama manajemen KRL dan Pemprov. Karena area publik pasti ada potensi risiko. Itulah sebabnya kenapa kita selalu melakukan sosialisasi upaya pencegahan bagaimana agar penumpang juga turut melakukan partisipasi pada upaya pencegahannya, salah satunya dengan menggunakan fasilitas yang ada di stasiun seperti penggunaan toilet untuk mencuci tangan," tambah Eva.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>