Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir

Kesehatan

Hati-Hati! Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir

Hujan yang melanda daerah Jabodetabek saat malam pergantian tahun baru menyebabkan banjir di beberapa titik. Memasuki hari kedua banjir, di beberapa daerah bahkan genangan air tak kunjung surut. Walaupun begitu, ada pula daerah yang sudah kembali normal, hanya saja tersisa genangan air dan lumpur yang licin dan pekat. Walaupun volume air sudah berkurang, namun intensitas hujan masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

Selain waspada terhadap banjir, Anda juga harus waspada terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh banjir. Air bah yang membawa kotoran, lumpur, dan barang ini tentunya sangat berpotensi mengakibatkan penyakit. Bahkan WHO (World Health Organization) menyebutkan, banjir memiliki potensi meningkatkan penyebaran penyakit.

[Baca Juga: Leptospirosis Penyakit yang Berkembang Saat Banjir]

Merangkum dari berbagai sumber (2/1/2020) inilah beberapa penyakit yang harus Anda waspadai saat banjir melanda.

Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir Leptospirosis

1) Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui urine atau darah binatang seperti anjing, tikus, sapi, dan babi. Berkat air banjir tentu manusia bisa saja terinfeksi penyakit ini. biasanya gejala yang ditimbulkan adalah demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mengigil, otot betis sakit, dan sakit perut. Jika Anda mengalami gangguan ini segala pergi ke dokter karena dikhawatirkan akan mengakibatkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, sampai gagal pernafasan.

Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir Tetanus

2) Tetanus

Tetanus juga salah satu penyakit yang bisa menyebar melalui air. Namun penyakit ini bisa timbul jika Anda terluka akibat benda tertenu seperti paku, kawat, atau kaca. Jika Anda mengalami luka, segera cari air bersih untuk membersihkan luka dan usahakan jangan buat kontak dengan air banjir.

Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir Malaria

3) Malaria

Penyakit yang satu ini bisa timbul berkat infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Penularan malaria biasanya meningkat saat musim hujan. Malaria biasanya ditandai dnegan sakit kepala dan mengigil. Pada 10-15 hari sebelumnya terjadi gigitan nyamuk. Malaria harus ditangani segera jika tidak akan mengancam nyawa.

Hati-Hati Beberapa Penyakit Ini Rentan Muncul Saat Banjir Diare

4) Diare

Diare merupakan kondisi di mana frekuensi buang air besar (BAB) meningkat dibandingkan biasanya, tekstur pun lebih encer. Penyebab diare biasanya mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa hari atau pun beberapa minggu, saat musim hujan diare biasanya terjadi berkat bakteri almonella, shigella, dan cholera.

[Baca Juga: Cegah Malaria dengan 4 Tips Paling Efektif]

Itulah beberapa penyakit yang rentan muncul saat adanya banjir. Diharapkan semua masyarakat bisa menjaga kesehatannya di tengah-tengah musim hujan dan banjir.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3¬†years lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian,info bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya...