Hebat Warga Saling Bantu Sumbang Sembako dengan Cara Unik Ini

Berita Kawasan

Hebat! Warga Saling Bantu Sumbang Sembako dengan Cara Unik Ini

Selama pandemi COVID-19, tidak sedikit masyarakat yang menjadi susah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan keprihatinan itu, warga Ibukota lainnya yang masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka saling berbagi dengan cara-cara yang biasa hingga cara unik yang dilakukan warga Kebon Baru dan Kebayoran Baru ini.

Untuk warga Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan membantu menyumbang sembako bagi warga lain yang benar-benar membutuhkannya dengan cara unik. Mereka menyediakan rak sebagai tempat menyumbang dan mengambil bantuan sembako. Sembako tersebut digantungkan dengan menggunakan plastik sebagai wadahnya.

Hebat Warga Saling Bantu Sumbang Sembako dengan Cara Unik Ini

Melansir laman beritajakarta.id (15/05/2020), Lurah Kebon Baru Fadhilah Nursehati mengatakan, sarana yang diberi nama Rak Berbagi ini dibuat dengan konsep sangat sederhana. Di wadah ini, warga bisa menyumbang dan mengambil bantuan sembako yang digantung di rak. Ia menuturkan, adanya rak berbagi yang disediakan di pinggir jalan ini bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi bagi warga yang terdampak PSBB.

"Ini baru kita terapkan di Kantor Kelurahan Kebon Baru. Tujuannya agar beban ekonomi warga yang terdampak PSBB bisa berkurang," ujarnya.

[Baca Juga: Tak Cukup Bantuan Sembako, Perempuan & Anak Ada Kebutuhan Khusus]

Ia menjelaskan, jenis bantuan sembako yang diletakkan di Rak Berbagi tidak dibatasi. Bantuan yang diberikan bisa berupa beras, mi instan, minyak goreng hingga bumbu dapur. Penyediaan rak ini wujud dari penerapan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) di wilayahnya.

"Semoga Rak Berbagi ini bisa menjadi wadah untuk saling membantu antar warga. Rencananya di tiap gugus tugas RW di sini akan membuat hal serupa," tandasnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan juga memiliki cara unik untuk membantu ekonomi warganya. Yakni menyediakan tandon beras yang berisi 300 kilogram beras. Tandon beras ini sebagai tempat menampung pengumpulan beras yang merupakan hasil sumbangan beras para warga sekitar.

[Baca Juga: Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya]

"Tiga ratus kilogram ini merupakan hasil sumbangan warga di 67 RT dan tujuh RW," ujar Lurah Gunung Dimas Prayudi.

Dimas menuturkan, sejauh ini baru 70 Kepala Keluarga (KK) yang terdaftar mendapatkan bantuan beras dari hasil pengumpulan melalui tandon air. Masing-masing dari KK itu nantinya akan menerima lima kilogram beras yang disalurkan secara door to door melalui pengurus RT dan RW setempat.

"Warga yang mau menyumbang beras bisa datang ke kelurahan atau Pos RW. Semua kita tampung tanpa ada batasan jumlah beras yang disumbang," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    Di saat masa2 pandemi virus corona ini tetap tenang & kuasai keadaan dgn cara #dirumahaja dan mainkan game online utk melawan rasa jenuh anda dan melawan virus corona yg menyerang hanya di QQHARIAN (bisa lsg cari atau search di google ya guys)

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88 rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165