Helm Pintar TNI-AD Mampu Mendeteksi Suhu Belasan Orang Sekaligus

Kesehatan

Helm Pintar TNI-AD Mampu Mendeteksi Suhu Belasan Orang Sekaligus

Segala sumber daya dikerahkan dari tenaga manusia, mesin hingga teknologi untuk bisa menekan laju penyebaran virus SARS-CoV-2 di tanah air. Selain medis, kalangan militer pun ikut turun tangan sekaligus terus berinovasi agar dapat mengurangi terpaan pandemi COVID-19.

TNI Angkatan Darat satu diantaranya, yang berhasil menghadirkan inovasi yang diyakini mampu membantu para tenaga kesehatan atau nakes yang sedang berjuang menangani pandemi. Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan, pihaknya telah membekali tenaga medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta dengan peralatan anyar berupa helm pendeteksi suhu tubuh.

Helm Pintar TNI-AD Mampu Mendeteksi Suhu Belasan Orang Sekaligus

Lebih lanjut dia menyatakan, sembari mengawasi turut juga dilakukan koordinasi bersama pimpinan RSPAD Gatot Subroto perihal rencana menggelar pelatihan menggunakan helm canggih berteknologi tinggi itu bagi seluruh tenaga medis TNI AD. "Supaya para operator nanti tahu betul apa yang bisa dilakukan. Dan Kami sudah memiliki helm yang bisa melihat suhu tubuh manusia, ada lima set," terangnya, Senin (1/6/2020) kemarin.

Andika meyakini, helm pendeteksi suhu tubuh ini akan mempermudah kerja tenaga medis, karena tidak perlu mendatangi satu per satu pengunjung atau pasien di RSPAD. "Pemakai helm sudah bisa melihat banyak orang yang dilihat, kelihatan suhunya dan tinggal langsung tunjuk saja," sambungnya.

[Baca Juga: Ini Penjelasan Tentang Suhu Tubuh Normal Manusia]

Sebelumnya, dalam tayangan channel Youtube resmi milik TNI-AD, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) Mayjen TNI Dr. Tugas Ratmono mengabarkan bahwa TNI-AD tengah melakukan uji coba pada helm berjuluk smart helmet ini.

Dalam video yang dipublikasi pada Minggu (31/5/2020) itu, dijelaskan bahwa helm ini tidak hanya berfungsi membaca suhu tubuh manusia, tapi dapat mengenali objek lainnya juga. "Alat ini namanya smart helmet, sangat bermanfaat dan sangat praktis jaraknya sekitar 8 sampai 10 meter, ada kameranya jadi kita bisa deteksi suhu dari orang-orang, suhu ekstrim akan lebih nyata dilihat, akan terlihat di sensor helm dan akan di record. Tentunya hal ini akan membantu tindak lanjut cepat untuk orang-orang yang suhunya diatas normal," ujar Tugas Ratmono, seperti disiarkan channel youtube TNI AD (31/5/2020).

Helm Pintar TNI-AD Mampu Mendeteksi Suhu Belasan Orang Sekaligus

Sementara menurut Ari mitra penyedia alat dari PT. Pasifik Global Integrasi mengatakan untuk pengoperasiannya bisa dengan satu orang pegang satu helm. Hanya saja ada satu personel lagi yang bisa monitoring, melihat apa yang ditangkap oleh petugas yang menggunakan helm. Lebih lanjut dijelaskan, helm tersebut memiliki frame yang bisa mendeteksi hingga 13 orang sekaligus. Terdapat 5 unit helm yang akan didistribusikan menurut arahan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

[Baca Juga: Tanpa Demam, Gejala Sepele Ini Bisa Jadi Tahap Awal Tertular COVID-19]

"Pelatihan ini sangat penting untuk teman-teman di lapangan, semoga dengan tambahnya peralatan khususnya dalam teknis kedokteran atau kesehatan ini akan membuat penanganan atau pelayanan kesehatan khususnya di dalam pandemi ini akan lebih berkualitas dan lebih untuk bisa memutus mata rantai penularan dan mendeteksi secara dini," papar dia.

Sekadar informasi, Hingga Senin (1/6/2020) kemarin, melalui situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan kasus positif virus SARS-CoV-2 di tanah air telah mencapai angka 26.940 kasus dengan rincian 7.637 pasien sembuh dan 1.641 pasien meninggal dunia. DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan angka kasus tertinggi yakni 7.485 kasus. 2.272 pasien diantaranya dinyatakan sembuh, sedangkan pasien meninggal dunia sebanyak 518 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.