Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Kesehatan

Hemat & Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Mengingat sebaran varian Omicron yang makin meluas, sudah waktunya untuk meningkatkan perlindungan masker Anda. Lindungi diri dengan masker KF94, N95, dan KN95 berkualitas lebih tinggi, yang menampilkan beberapa lapisan penyaringan untuk memblokir hingga 95 persen partikel.

Respirator N95 dan KN95 serupa dengan efisiensi filtrasi sama-sama 95 persen. Perbedaan utama antara keduanya yakni negara atau organisasi mana yang mensertifikasi standar kualitas masker.

N95 bersertifikat National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), AS, sedangkan KN95 diproduksi di Tiongkok dan memenuhi standar khusus untuk negara tersebut. Sementara KF94, dengan bentuk berbeda dibandingkan dengan N95 dan KN95, diproduksi di Korea Selatan dan memenuhi persyaratan standar Korea.

Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Kelemahan dari masker yang sangat protektif ini adalah bahwa mereka tidak dapat digunakan kembali seperti masker kain, yang dapat dicuci dan dipakai ulang berkali-kali. Padahal, harganya cukup berat di kantong. Mengganti masker N95 atau KN95 setiap kali kamu bepergian dapat mulai berdampak pada keuangan, meskipun itu melindungi kesehatan secara keseluruhan.

Untungnya, kamu dapat menggunakan kembali masker N95 dan KN95 dengan aman untuk sementara waktu sebelum saatnya dibuang. "Bahan filter berperforma tinggi sehingga bahkan dengan 40 jam penggunaan, saya belum melihat masalah dengan penyaringan," kata Aaron Collins, seorang insinyur mesin yang memiliki saluran YouTube Mask Nerd

"Bahkan setelah memuat masker dengan aerosol, mereka masih berkinerja tinggi," dia menambahkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk membantu kamu mendapatkan hasil maksimal dari setiap masker, dan menjaga diri seaman mungkin.

Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Gunakan Masker Beberapa Kali

Masker yang hanya kamu kenakan untuk perjalanan singkat ke warung atau supermarket mungkin bisa bertahan selama beberapa minggu. Namun, jika Anda memakainya untuk waktu yang lebih lama atau aktivitas yang lebih kotor (seperti olahraga berkeringat di gym), Anda mungkin perlu menggantinya lebih cepat.

"Masker-masker itu dapat bertahan cukup lama, setidaknya lima hari dalam kondisi perawatan kesehatan. Dan, dalam kondisi penggunaan normal, mereka bisa bertahan lebih lama," kata Lisa Maragakis, MD, MPH, direktur senior pencegahan infeksi dan profesor kedokteran di Johns Hopkins, AS.

Dalam tes masker yang dilakukan oleh Collins, filter masker hanya kehilangan 1 poin persentase efektivitas setelah mencatat 40 jam pemakaian. Namun, saat itulah terjadi masalah-masalah lain pada masker. "Mereka menjadi sedikit bau, dan loop telinga dan masker itu sendiri mulai kehilangan strukturnya," kata Collins.

[Baca Juga: 6 Inspirasi OOTD Hijab dengan Masker, Cocok untuk Segala Acara!]

Jika maskermu telah terpapar COVID, mungkin masker tersebut dapat bertahan di bagian luar masker selama beberapa hari. Sebuah makalah di Journal of Emergency Medicine merekomendasikan untuk meninggalkan masker selama tiga hingga empat hari agar masker dapat keluar dan kontaminan apa pun mati.

Waktu istirahat itu juga membuat masker Anda sedikit mengering. Masker bisa menjadi lembap karena keringat atau kelembapan dari napas.

Simpan masker dengan benar

Hal utama untuk menyimpan masker KN95 atau N95 di antara penggunaan adalah menghindari apa pun yang terlalu tertutup, seperti kantong plastik. Menyimpan masker dalam kantung plastik akan menjadi ide yang buruk karena tidak akan membiarkan kelembapan yang terbentuk di dalam masker mengering dan keluar.

Di awal pandemi, petugas kesehatan sering menyimpan masker mereka di dalam kantong kertas agar mengering di antara pemakaian. Wadah plastik dengan tutup sedikit terbuka juga bisa digunakan. Dan, Collins memilih untuk menyimpan masker untuk anak-anaknya dalam satu set pengait, dengan sepasang masker untuk setiap hari dalam seminggu.

Simpan masker di tempat yang terlindungi. Jika masker hancur atau terlipat, efektivitasnya akan berkurang. "Filtrasi berasal dari struktur fisik, jadi kamu tidak ingin menghancurkan atau melipatnya. Melipat masker mengganggu integritas strukturalnya," kata Maragakis.

Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Setiap robekan, sobekan, atau lubang adalah tanda yang jelas bahwa sudah waktunya untuk membuang masker. Jika struktur topeng mulai melunak dan elastis meregang, itu sinyal lain bahwa sudah waktunya untuk membuat perubahan.

Noda riasan atau keringat olahraga tidak akan memengaruhi keefektifan masker, tetapi mungkin terasa sedikit kotor untuk dipakai kembali. "Seorang peneliti merendam respirator N95 dalam keringat buatan, dan itu tidak mempengaruhi filtrasi," kata Collins, "Jadi kotoran ringan dari riasan atau keringat tidak akan menjadi masalah besar."

Jangan Mencuci Masker KN95 atau N95

Tampaknya sangat menggoda untuk hanya menyeka masker KN95 dengan alkohol atau memasukkannya ke mesin cuci untuk membuatnya segar dan bersih. Namun, langkah itu dapat secara drastis menurunkan efektivitas masker. "Alkohol akan merusak muatan elektrostatik," kata Collins. Muatan itu membantu masker menyaring kontaminan, jadi kamu pasti tidak ingin kehilangannya.

Ada beberapa tips di luar sana tentang cara membersihkan masker, tetapi Collins mengatakan lebih baik beralih ke masker berikutnya saja, "Panas kering, memanggang, sanitasi, semua hal itu bisa dilakukan, tetapi jika oven melebihi suhu, itu dapat merusak media filter, dan kamu bahkan tidak akan mengetahuinya. Tetaplah lakukan langkah sederhana, dan biarkan saja di luar."


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.