Hendak Keluar-Masuk Jakarta Jangan Lupa Isi CLM.jpg

Berita Kawasan

Hendak Keluar-Masuk Jakarta? Jangan Lupa Isi CLM

Sejak 14 Juli 2020 Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM Jakarta ternyata sudah tidak diberlakukan lagi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Di mana SIKM sebenarnya merupakan syarat agar Anda dapat keluar-masuk Ibu Kota yang sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Berpergian di Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Walau SIKM sudah tak diberlakukan lagi, Pemprov DKI Jakarta tetap mengharuskan Anda memiliki izin khusus agar mudah keluar-masuk Ibu Kota dan ini melalui Corona Likelihood Metric atau CLM.

Sekadar informasi, CLM bisa digunakan dengan cara mengunduh aplikasi Jakarta alias JAKI di ponsel pintar Anda. Di mana menurut laman corona.jakarta.go.id, CLM disebut sebagai fitur di JAKI yang bekerja sebagai kalkulator untuk Anda melakukan skrining mandiri dengan menggunakan model machine learning yang berbasis Clinical Decision Support System (CDS). Dengan fitur CLM maka sistem dapat mengukur seberapa besar kemungkinan Anda terinfeksi COVID-19.

Pihak Pemprov DKI Jakarta mewajibkan Anda untuk mengikuti tes CLM tersebut melalui JAKI. Hal ini disebut demi memastikan bahwa Anda memang aman bepergian, khususnya keluar-masuk DKI Jakarta. Apalagi selain itu dengan CLM, maka Anda juga bisa dibantu kira-kira langkah apa yang bisa dilakukan selanjutnya jika memang Anda terindikasi terpapar penyakit yang disebabkan virus Corona itu.

Hendak Keluar-Masuk Jakarta Jangan Lupa Isi CLM .jpg

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga sudah mengumumkan SIKM diganti dengan CLM pada pekan ini. Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, selain menggunakan JAKI, Anda juga bisa mengajukan CLM dengan mengakses jaki.jakarta.go.id. Di sini, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi serta sejumlah pertanyaan yang harus diisi sejujur mungkin untuk menunjukkan kelayakan Anda melalui hasil dari jawaban-jawaban tersebut.

“Jika aman, tentu dia akan langsung mendapat rekomendasi aman melakukan perjalanan, tapi jika tidak, sistem akan merekomendasikan yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan,” jelas Syafrin, sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com (15/7/2020).

Pada akhir pekan lalu, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Solikhah sudah menyuarakan untuk semua warga Ibu Kota mencoba menggunakan CLM, bukan hanya untuk semata agar dapat izin keluar-masuk Jakarta. Karena bila terindikasi ada infeksi COVID-19, Anda bisa mengikuti tes swab untuk memastikan apakah Anda benar-benar terpapar penyakit itu.

“Aplikasi ini sangat bagus diterapkan bagi warga yang ingin mendeteksi COVID-19 secara mandiri,” tambah anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (11/7/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.