Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

Kreatifitas entreprenur Jogja tak pernah berhenti. Bahkan, sejumlah produk aksesoris dari kota ini berhasil menguasai pasar perhiasan di berbagai benua. Salah satunya adalah produk aksesoris “Henju by Gracy “ yang belakangan ini makin banyak digemari anak muda.

Gracy Sondang Garcia selakuOwner Henju menjelaskan bahwa salah satu faktor yang memuat produknya banyak diminati adalah keunikannya. Sebab, Henju mencoba mempertahankan kekhasan sebagai aksesori handmade yang mempertahankan aksara Jawa sebagai ciri khas produk.

“Asesoris aksara Jawa yang cetakan mungkin sudah banyak, tapi yang handmade seperti ini, saya kira Henju yang memulainya. Jadi.. kami yang lebih dulu bikin," ujar Gracy dalam perbincangan daring dengan awak FKY Minggu pekan lalu.

Henju-1

Lebih lanjut Gracy memaparkan, sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesori di berbagai negara. Bahkan sebelum pandemi, omzet Henju bisa mencapai 8.000 USD atau sekitar Rp114.036.000 dalam sebulan. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya Meski demikian, bukan berarti Henju meninggalkan pasar lokal. Untuk konsumen dalam kota dilayani di show room Henju yang ada di Jalan Panjaitan 43 Yogyakarta, sedangkan konsumen luar kota bisa membeli produk Henju lewat beberapa marketplace seperti shopee, Tokopedia dll.

Selain produk jadi, Henju juga melayani pesanan asesoris personal seperti kalung atau cincin dengan nama diri, nama lembaga atau logo-logo tertantu . Semua dikerjakan secara handmade oleh tangan-tangan trampil yang dimiliki Henju.

Bisnis aksesori Henju ini berawal dari hobby. Sejak remaja, Gracy mengaku sangat menggemari aksesori. Namun baru tahun 2012, Henju ini dikelola sebagai bisnis aksesoris yang serius. Adapun ciri khas yang coba ditonjolkan adalah produk aksesori handmade bermotif lilitan dengan corak aksara tradisional.

“ Kebetulan saat kecil saya pernah diajari aksara Jawa. Jadi ini sangat membantu. “ ujar mantan penyiar radio swasta di Jogja yang bermarga Marpaung ini.

Henju-3

Diakui Gracy, menciptakan ciri khas produk sehingga Henju dapat dikenal konsumen seperti sekarang ini tidak hanya butuh ketelatenan, tetapi juga butuh kerja keras. Meskipun dia tak menampik juga bahwa dalam setiap kerja keras selalu ada faktor keberuntungan yang menyertainya.

Demi menjaga kualitas produk, Henju juga tak sembarangan memilih bahan. Untuk produk aksesori ini, Henju menggunakan bahan berbagai jenis kawat mulai dari : gold filled, silver, sterling silver serta rose gold yang diimpor langsung dari Amerika. Selain dapat bertahan lama, bahan-bahan tersebut mempunyai tingkat kelenturan yang tinggi sehingga mudah dibentuk.

Sadar bahwa konsumen Henju sebagian besar berasal dari luar negeri, maka layanan konsumen merupakan hal yang utama bagi Henju. Oleh karena itu, demi kepuasan pelanggan, Henju memberikan garansi bahwa produk yang dipesan akan diterima konsumen dengan baik. Karena itu, setiap produk Henju yang dikirim ke konsumen selalu dipantu dengan baik.

“Pernah ada pengalaman buruk yang kami alami. Ribuan produk aksesori yang kita kirim ke Perancis waktu itu hilang dalam perjalanan. Kita sudah kirim, tapi konsumen tidak menerima kiriman kita. Ya.. resiko tetap harus kita tanggung. Kita ganti produk yang hilang itu. Kita bikin lagi produk serupa. Padahal produk yang hilang itu nilainya hampir sama dengan satu motor baru," tandas Gracy.

Henju-5

Namun dari pengalaman buruk yang dialaminya Gracy belajar tentang tata cara pengiriman barang. Selain itu, dia juga belajar tentang tata cara optimalisasi promosi lewat sosmed sehingga produknya dapat selalu eksis dan dikenal konsumen.

Tentang adanya persaingan dari vendor lain, Gracy mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya fokus untuk selalu menciptakan karakter baru, sehingga tidak memikirkan adanya persaingan. Selain itu, pihaknya yakin dalam bisnis aksesori keputusan konsumen untuk memakai sebuah produk sangat personal yang dilandasi beberapa pertimbangan pribadi.

“Kami tidak berpikir soal pesaing, karena kami fokus untuk menciptakan karakter produk yang baru," tandas Gracy.

Sedangkan dikutip dari situs www.etsy.com, sebagian besar konsumen Henju menyampaikan testimoninya secara positip. Akun Savannah misalnya menulis, " These are very cute and exactly as described...I will definably be ordering from here again ". Kemudian akun Chelsea juga menuliskan kesannya dengan " A very elegant ring - I've worn it daily and it is really sturdy. It doesn't bend - I absolutely LOVE it! ".


Read More

Henju By Gracy

Kerajinan Assesoris

+628812797299
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.