Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund

Berita Kawasan

Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund

Penerbangan lokal komersial di Indonesia telah dihentikan untuk sementara waktu sebagai upaya mendukung aturan larangan mudik dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Kebijakan ini berlaku mulai Jumat 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020.

"Untuk mendukung Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui aturan larangan mudik, Angkasa Pura I menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial penumpang mulai 24 April hingga 1 Juni 2020," ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

[Baca Juga: Ini Layanan dan Operasional Bandara Soekarno Hatta yang Dibatasi]

Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta Internatonal Airport (YIA) pun turut menghentikan penerbangan sejak Jumat 24 April lalu. General Manager Bandara Adisutjipto dan PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama menyebutkan penerbangan komersial untuk penumpang umum melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Adisutjipto (JOG) dihentikan mulai Jumat (24/4/2020) pukul 20.00 WIB sampai 1 Juni 2020 seperti dikutip dari merdeka.com (27/4/2020).

Ke depannya sesuai dengan Permenhub Bandara Aisutjipto dan YIA hanya akan melayani kargo atau pengiriman barang dan penerbangan khusus, misalnya penerbangan berpenumpang yang dikecualikan. Pertama, penerbangan yang membawa atau terkait pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund

Kedua, operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriation flight) pemulangan WNI (Warga Negara Indonesia) maupun WNA (Warga Negara Asing). Ketiga, merupakan operasional penegakan hukum, ketertibam, dan pelayanan darurat. Keempat, operasional angkutan kargo (kargo penting dan esensial).

Bagi Anda yang sudah memiliki tiket, tak perlu khawatir karena Bandara Adisutjipto dan YIA telah mempersiapkan konter customer service maskapai di area check-in keberangkatan. Anda bisa melakukan proses refund, reroute, atau reschedule pada konter tersebut.

Akan tetapi, sesuai dilansir dari kompas.com (27/4/2020) masyarakat diimbau untuk tetap menghubungi pihak maskapai penerbangan terlebih dahulu untuk mengatur waktu kedatangan ke bandara agar tidak terjadi penumpukan. Untuk mengatisipasi hal tersebut, Angkasa Pura I juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat untuk memasang garis pembatas antrean agar ada jarak antar penumpang.

“Kami harap masyarakat dapat memaklumi kebijakan yang telah kami upayakan demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia sehingga operasional penerbangan dapat segera kembali seperti semula,” ujar Agus.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Biang 2 years, 9 months lalu
    biang

    Bosan di rumah terus karena wabah ini !!! Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co !!!

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    ayo sini pada merapat... asik main game dapat berbagai macam bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>