Herbal Rumput Mutiara Bersifat Antikanker

Kesehatan

Herbal Rumput Mutiara Bersifat Antikanker

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal banyak sebutan, salah satunya adalah daun mutiara. Bagi sebagian orang mungkin tidak mengetahui rumput mutiara itu seperti apa, padahal kalau mau teliti dan mencari tahu rumput ini banyak Anda bisa temukan di sekitar pekarangan rumah Anda.

Rumput ini tumbuh subur di tanah lembap, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan. Bentuk daunnya kecil-kecil berkelompok mirip sebuah bintang dengan dihiasi bunga kecil berwarna putih, sehingga kalau dilihat dari jauh mirip sekali dengan mutiara, itulah sebabnya dinamakan Rumput Mutiara.

Herbal Rumput Mutiara Bersifat Antikanker

Melansir dari beberapa laman, tanaman herbal ini digunakan dan efektif sebagai antikanker, antidemam, antiinflamasi, antibakteri, diuretik, peluruh demam dan detoksikan, pelancar peredaran darah, antitukak peptik, antidisentri, obat sehabis bersalin, dan obat gangguan pencernaan.

Terkenal sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di Cina, India dan wilayah Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Mengandung dua senyawa aktif, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas.

[Baca Juga: 4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami]

Adapun khasiat rumput mutiara menjadi obat herbal untuk kesehatan pencegahan kanker, karena mengandung antioksidan yang diketahui dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan genetik dan mencegah kanker. Rumput mutiara memiliki efek farmakologis menyembuhkan kanker, lymphosarcoma, kanker lambung, kanker leher rahim, kanker payudara, kanker rectum, fibrosarcoma, dan kanker nasopharynx. Tak hanya mengobati kanker, farmakologis ini bersifat menghilangkan toksin, serta melancarkan peredaran darah.

Herbal Rumput Mutiara Bersifat Antikanker

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Selain kanker, rumput mutiara juga dapat dipakai untuk menyembuhkan tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan, radang usus buntu, hepatitis, dan cholecystitis. Lebih lanjut rumput ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka terinfeksi.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Beragam manfaat yang dimiliki dari rumput mutiara, tentunya Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi rumput mutiara. Sehari maksimal 15 – 50 gram rumput mutiara yang direbus dan diminum airnya satu gelas saja. Apabila berlebihan, dapat mengakibatkan penurunan sel darah putih dan rasa kering pada mulut dan tenggorokan. Bagi Anda pengidap penyakit tertentu harap untuk konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Jika Anda sulit menemukan rumput mutiara ini, sekarang Anda bisa mendapatkannya di toko online kepercayaan Anda. Estraknya juga terjual, pastikan dan perhatikan kandungan lain di dalamnya!


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.