Mural Kota Tangerang

Berita Kawasan

Hiasi Ruang Publik, Pemkot Tangerang Gelar Lomba Mural Nasional

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang beserta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang baru saja sukses menggelar Lomba Mural Nasional yang diikuti puluhan seniman dari berbagai daerah. Dalam ajang tersebut, Pemkot Tangerang berinisiatif menghiasi berbagai titik ruang publik di Kota Tangerang untuk diberi sentuhan hasil karya para seniman. Terlebih, ajang ini menjadi ruang silaturahmi antar seniman di Indonesia, setelah sekian lama ajang seni lukis atau mural ditiadakan karena keberadaan pandemi COVID-19.

Mengusung tema dengan tajuk “Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tangerang”, Pemkot Tangerang menggandeng hasil karya para seniman mural untuk berkolaborasi mengkampanyekan potensi wisata dan budaya di Kota Tangerang melalui media mural. Dalam ajang ini, sepanjang fly over Cikokol berhasil dihias dengan berbagai hasil mural yang sangat beragam.

“Mengusung tema ‘Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tangerang’, para seniman bersaing menunjukkan kemampuannya. Banyak ikon-ikon atau ciri khas Kota Tangerang yang mereka gambar.” Papar Deni Kuncoro, Kabid Pemuda, Dispora Kota Tangerang, ketika turut menghadiri jalannya perlombaan, Sabtu (18/12/2021).

Mural Kota Tangerang

Lomba Mural Nasional ini diadakan selama akhir pekan kemarin, yakni 18-19 Desember 2021. Menurut data yang dipaparkan panitia, 24 dari 104 seniman yang mendaftar dan mempresentasikan konsepnya, yang berhasil mendapatkan kesempatan mengabadikan karyanya di ruang publik yang menjadi salah satu titik pusat keramaian di Kota Tangerang.

Diikuti seniman dari berbagai daerah, mulai dari Jabodetabek, Semarang, Bandung, sampai Yogyakarta, hasil-hasil mural yang terpampang semuanya merepresentasikan tema yang mengangkat ciri khas budaya yang sedang gencar di kampanyekan di Kota Tangerang.

“Sehingga siapa pun yang lewat jalur mural ini, dapat mengetahui keindahan, kekayaan, dan keberagaman Kota Tangerang. Sekaligus, ini menggambarkan bahwa toleransi keberagaman Kota Tangerang sangat kental dan telah ada sejak zaman dulu kala,” lanjutnya.

[Baca Juga: Lomba Mural Nasional Pemprov Jateng Peringati Hari Bakti Pekerjaan Umum]

Ajang Lomba Mural Nasional ini diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 yang telah diadakan secara bertahap sejak beberapa bulan sebelumnya. Serta Lomba Mural Nasional ini menjadi puncak rangkaian dalam agenda peringatan tersebut.

Tak hanya sebagai ajang kolaboratif antara Pemkot Tangerang dengan para seniman, Lomba Mural Nasional ini merupakan kompetisi mural dengan penghargaan dan apresiasi karya yang cukup berintegritas, serta dilengkapi dengan hadiah yang cukup besar.

Mural Kota Tangerang

“Sebagai informasi, 24 tim yang mengikuti lomba mural akan bersaing memperebutkan total hadiah sebesar 67 juta rupiah, dengan juara satu memperoleh 23 juta rupiah, juara dua 18 juta rupiah, juara tiga 13 juta rupiah, dan juara favorit 14 juta rupiah,” jelasnya.

Harapannya, melalui ajang Lomba Mural Nasional ini selain memberikan wadah kreatifitas bagi para seniman, juga menjadi salah satu media kampanye pariwisata dan budaya yang menjadi agenda Pemkot Tangerang untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya yang dapat dikunjungi oleh banyak masyarakat, terutama di luar daerah.

Tak hanya itu, pelukisan ruang publik ini dinilai efektif untuk menghias berbagai sudut kota serta penyampaian nilai-nilai yang tergambar dalam karya agar dekat dan mudah diterima masyarakat Kota Tangerang secara lebih luas.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.