Trem Kota SemarangOK3.jpg

Berita Kawasan

Hibah Kerajaan Belanda, Kota Semarang Hadirkan Lagi Trem

Pemerintah Kota Semarang berupaya melahirkan kembali trem sebagai moda transportasi massal di kota Altlas yang ternyata telah memasuki babak baru. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang sebelumnya mempertimbangkan berbagai opsi trem, akhirnya melirik produk trem buatan Belanda untuk bisa menambah alat transportasi massal di wilayah ibu kota Jawa Tengah ini.

Orang nomor satu di Semarang inipun mengajukan proposal permohonan hibah trem ke Kerajaan Belanda. Pengajuan proposal dikirimkan melalui Duta Besar Indonesia untuk Belanda. Sebelumnya, Pemkot Semarang telah melakukan kajian reativasi trem dan mendapatkan tawaran dari Pemerintah Kota Amsterdam, Belanda.

Trem Kota SemarangOK.jpg

Pada Jumat (4/6/2021) lalu, ia pun tersambung langsung dengan Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas. Hendi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dalam pengajuan proposal hibah tersebut. "Saya berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Bapak Duta Besar Indonesia untuk Belanda demi menghidupkan kembali trem di Kota Semarang," ujar Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (5/6/2021).

Tepatnya pada awal abad ke-20, sejumlah kota besar di Pulau Jawa memiliki trem sebagai moda transportasi massal dan salah satunya adalah Kota Semarang. Namun operasional trem di Kota Semarang dihentikan pada tahun 1940. Perlu diketahui bahwa Trem adalah kereta khusus untuk jaringan transportasi dalam kota. Biasanya trem hanya terdiri dari satu atau dua rangkaian gerbong saja. Dalam pengoperasiannya, trem mengandalkan tenaga uap atau tenaga listrik.

[Baca Juga: Kedubes Belanda Gelar Pameran Kolaborasi Desainer Dua Negara]

Menurut Hendi, kembali beroperasinya trem di Kota Semarang akan mendukung keberadaan Kota Lama sebagai salah satu destinasi wisata heritage. Selain itu, keberadaan trem sekaligus akan menjadi pilot project sistem transportasi umum berbasis rel di Semarang. "Saya berharap, segala kajian dapat lekas diselesaikan sehingga dalam 2-3 tahun mendatang warga Kota Semarang dapat merasakan manfaatnya," terangnya.

Nantinya, rute trem yang akan menjadi prioritas diantaranya Stasiun Tawang-Jalan Ronggowarsito-Jalan Agus Salim-Pasar Johar-Jalan Pemuda-Lawangsewu-Jalan Imam Bonjol kemudian kembali ke Stasiun Tawang membentuk ring route. Total untuk trase prioritas ini mencapai 12,8 kilometer yang akan melintasi pusat kota. Namun Hendi menegaskan bahwa trase ring route tersebut perlu melihat kembali kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkot Semarang.

Trem Kota SemarangOK2.jpg

Oleh sebab itu, pihaknya menawarkan trase Kota Lama-Jalan Pemuda secara commuter sebagai pilot project. Nantinya akan dibentuk tim kecil dari Dubes Belanda untuk mengkaji aturan perhubungan RI beserta tinjauan dan kelayakan lokasi jalur rel. Kota Semarang akan memperoleh hibah dua trem set dari Kerajaan Belanda yang masing-masing terdiri dari dua rangkaian gerbong kereta.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berk elanjutan di Indonesia.jpg

Bisnis

East Ventures Perkuat Komitmen Pendanaan yang Inklusif dan Berkelanjutan di Indonesia

17 May 2022, 21:03

Dengan berpegang teguh terhadap penerapan ESG di dalam bisnisnya, East Ventures memastikan komitmen pendanaan yang bersifat inklusif serta berkelanjutan di Tanah Air.

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fes t.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Mulai Slank Hingga Kotak Siap Berikan Penampilan Spesial di Jelajahin Livin Sanur Fest

17 May 2022, 19:08

Semua musisi yang siap mengisi acara Jelajahin Livin Sanur Fest, khususnya Slank dan Kotak, mengungkapkan akan memberikan penampilan spesial.

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Se ni Ancol.jpg

Hobi dan Hiburan

Hingga 5 Juni 2022, Event Bulan Menggambar Nasional Digelar di Pasar Seni Ancol

17 May 2022, 15:36

Puluhan seniman memamerkan hasil karya mereka di pameran menggambar untuk acara Bulan Menggambar Nasional yang digelar sampai 5 Juni 2022 di Pasar Seni Ancol.

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Gam es 2021.jpg

Berita Kawasan

Mojang Asal Kota Bogor Sumbangkan 2 Medali di Sea Games 2021

17 May 2022, 10:35

Warga Kota Hujan patut bangga dengan keberhasilan atlet asal Kota Bogor yang berhasil menyumbangkan peralihan medali emas serta perak bagi Merah Putih.


Comments


Please Login to leave a comment.