Hidup Minim Sampah Bisa Dimulai Dari Rumah

Properti dan Solusi

Hidup Minim Sampah Bisa Dimulai Dari Rumah

Memulai suatu perubahan tentu perlu tekad dan komitmen yang kuat. Meski perubahan yang dilakukan tergolong kecil atau dimulai dari lingkungan rumah, tapi jika dilakukan secara konsisten, pasti akan menghasilkan suatu dampak yang besar. Seperti yang dilakukan oleh Andhini Miranda, seorang praktisi minim sampah, yang telah melakukan manajemen sampah rumah tangga dan dalam kehidupan sehari-hari sejak tahun 2012.

Hidup Minim Sampah Bisa Dimulai Dari Rumah

Ia bersama keluarga kecilnya telah berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat, tidak hanya bagi lingkungan sekitar, namun juga untuk bumi. Andhini sempat memaparkan sejumlah langkah untuk mencegah, memilah, dan mengolah sampah kepada PingPoint.co.id, ketika ditemui dalam workshop Rumah Minim Sampah (21/9/19) di Kafe Temu, BSD City.

[Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menerapkan Zero Waste di Kantor]

Yang pertama adalah mencegah sampah. “Langkah awal bisa dimulai dari menolak material plastik ketika berbelanja. Kita bisa menggunakan tas kain atau wadah lain yang nantinya bisa digunakan kembali. Sama halnya ketika sedang ingin membeli makanan jadi untuk dibawa pulang, kita dapat memakai rantang,” kata Andhini.

Hidup Minim Sampah Bisa Dimulai Dari Rumah

Membawa minum sendiri dan peralatan makan pribadi juga menjadi langkah yang tepat untuk mencegah timbulnya sampah dalam kehidupan sehari-hari. “Awalnya mungkin agak merepotkan ketika pergi harus membawa segala peralatan makan, tapi akhirnya pasti terbiasa. Pastikan semua peralatan makan tersebut terbuat dari material nonplastik,” tambah ibu dari satu putra ini.

Tidak membeli sesuatu yang tidak perlu juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Jadi, sebelum membeli suatu barang, Anda harus memikirnya secara masak, sehingga barang yang dibeli nantinya tidak terpakai dan menjadi sampah di rumah.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Selanjutnya ialah pemilahan sampah di rumah, dengan membagi tempat sampah berdasarkan kategorinya. Cara ini juga bagian dari upaya mengenalkan jenis sampah kepada anak-anak. Tempat sampah berdasarkan kategori dibagi menjadi sampah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya), sampah kertas dan kardus, sampah kompos, dan sampah lain-lain

Hidup Minim Sampah Bisa Dimulai Dari Rumah

“Supaya tidak ada sampah di rumah, kita menolak barang yang dapat berpotensi menjadi sampah seperti sedotan, botol plastik sekali pakai masuk ke dalam rumah. Untuk tempat sampah dalam kategori kertas dan kardus, pastikan sampah kertas dan kardus dalam kondisi kering dan bersih dari sisa makanan,” jelasnya.

Selalu siapkan beberapa boks kardus dengan ukuran cukup besar dan diberi tanda. Hal ini guna mempermudah pemilahan sampah. Mulai dari sampah plastik, sampah kertas, sampah karton, sampah logam, hingga sampah elektronik dan sampah B3. Lalu bagaimana dengan sampah makanan? “Sisa bahan makanan, seperti kulit buah atau sayuran yang tidak terpakai, jangan langsung dibuang. Karena bisa terurai saat diolah menjadi kompos dan nantinya berguna sebagai pupuk,” papar Andhini.

Keadaan darurat sampah, terutama di sejumlah kota besar, tentu mengancam kebersihan dan kesehatan lingkungan. Seiring dengan jalannya waktu, gerakan minim sampah telah menggugah banyak orang untuk melakukan manajemen sampah. Apa Anda juga termotivasi untuk memulainya?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.