Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya

Kesehatan

HIMPSI Jabar Buka Layanan Konseling Gratis di Tengah Pandemi

Pandemi COVID-19 yang terjadi belakangan ini tidak hanya menyerang kesehatan, tapi juga mental masyarakat. Tak jarang banyak orang mengalami stres akibat pandemi ini dikarenakan harus melakukan isolasi diri di dalam rumah.

Di Amerika Serikat (AS), lewat jajak pendapat yang dipublikasikan oleh Kaiser Family Foundation, wabah virus corona SARS-CoV-2 ini telah memengaruhi kesehatan jiwa hampir separuh warga AS. Tak jauh beda dengan di AS, di Indonesia, virus ini juga membuat banyak orang merasa tertekan. Terlebih bagi mereka yang merasa terancam ekonominya akibat wabah ini.

[Baca Juga: Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater?]

Melihat hal tersebut, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Barat bekerja sama dengan Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Unit Layanan Psikologi Terpadu Universitas Islam Bandung (Unisba) menyediakan layanan konsultasi psikologi gratis.

Dibukanya layanan tersebut tidak lain untuk para masyarakat yang merasa memerlukan teman bicara atau konsultasi untuk membantu mengelola psikologis diri. Nantinya, para penelepon akan disambungkan dengan tenaga psikolog profesional untuk melakukan sesi konseling.

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

Layanan yang dibuka sejak akhir bulan lalu ini pun mendapat respon positif dari masyarakat. Menurut salah satu psikolog klinis Unisba, Stephanie Reihana, sejak layanan konseling gratis ini dibuka, banyak masyarakat dari berbagai kalangan seperti pekerja kantoran, pegawai yang harus WFH, tenaga medis, hingga pelajar menghubungi layanan ini.

Ada 4 nomor yang telah disediakan HIMPSI Jabar terkait layanan ini. Nomor-nomor tersebut atas nama Icha di nomor 0813-2105-4991, Vira di nomor 0817-0211-140, Tiwi di nomor 0821-1689-4520 dan Angga di nomor 0811-200-203.

[Baca Juga: Catat! Ini Jam Layanan Operasional Bus Transjakarta yang Terbaru]

Nantinya setelah menghubungi salah satu dari 4 nomor tersebut, penelepon akan disambungkan dengan psikolog yang bersangkutan. Adapun jadwal dan waktu konseling dapat dibuat sesuai kesepakatan.

Sebelum dibuka di Jawa Barat, DKI Jakarta juga sudah lebih dulu membuka layanan serupa yang diprakarsai oleh tim Satgas COVID-19 HIMPSI Jaya dan IPK Jakarta. Hal itu mengingat wilayah Ibu Kota memiliki jumlah pasien positif virus corona terbanyak di Indonesia.

Di Jakarta sendiri, layanan tersebut dibuka setiap Senin-Jumat pada pukul 9 pagi hingga 9 malam. Untuk menggunakan layanan ini, silahkan kunjungi laman http://bit.ly/TelekonselingMasyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.