Kala Social Distancing, Ini Hal yang Harus Dilakukan

Kesehatan

Hindari Berada dalam Ruangan Padat Tertutup Rapat dan Saling Dekat

Risiko penularan Virus Corona saat berkumpul dengan orang lain dapat meningkat. Pasien yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan tetesan pernapasannya ke orang lain di sekitarnya dalam jarak dekat. Menurut Insinyur Lingkungan di Universitas Drexel Charles Haas, droplet dapat terbang dari mulut dan hidung orang ketika mereka bernapas, berbicara, atau bersin dan orang lain dapat menghirupnya.

Itulah sebabnya masker digunakan untuk membantu menghentikan droplet agar tidak jauh dari mulut atau hidung seseorang. Tidak cukup hanya menjaga dengan menjaga jarak 2 meter, ada faktor pendukung lainnya yang menyebabkan virus ini dapat menular ke yang lainnya. Ada 4 faktor pendukung penyebaran Virus Corona melalui jarak, waktu, tipe kegiatan serta faktor lingkungan. Sebagai langkah pencegahan, ingat 3 AT ini: Hindari ruangan yang tertutup rapAT dengan pengunjung padAT dan saling dekAT.

Vietnam Semakin Longgarkan Social Distancing, Kenapa Ya

Hindari dalam Satu Ruangan Tertutup Rapat dan Saling Dekat

Dalam satu kasus seperti yang dilansir vox.com (05/06/2020). Ada dua bus yang membawa para penumpang ke suatu tempat. Di salah satu bus, terdapat pasien positif COVID-19 yang belum mulai merasakan gejalanya. Sedangkan Bus yang lainnya bebas dari orang yang terinfeksi.

Dalam satu acara, mereka bercampur dan berbaur. 24 dari 67 orang di bus tersebut itu jatuh sakit. Namun, 172 orang lainnya yang datang dengan menggunakan transportasi lain, hanya tujuh orang yang akhirnya sakit.

[Baca Juga: Ahli Jelaskan Jumlah Droplet yang Dihasilkan dari 4 Aktivitas Ini]

Hal ini disebabkan penyebaran virus jauh lebih berisiko saat di ruangan yang tertutup dibandingkan ketika berada di area atau ruangan yang lebih besar. Itu berarti, sebaiknya Anda harus berada dalam ruangan yang besar dan orang lain tidak dalam jarak yang berdekatan.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Bila Berdekatan dengan Seseorang Jangan Lebih dari 15 Menit

Ketika Anda berada di suatu tempat dengan orang lain dan bahkan sempat mengobrol, usahakan waktu yang dapat Anda tolerir tidak lebih dari 15 menit. Bagaimana pun juga, tetesan melalui pernapasan, dapat bertransmisi selama 15 menit. Anda berisiko tinggi bila melakukan kontak dekat dengan seseorang dan menghabiskan waktu selama lebih dari 15 menit.

[Baca Juga: Di Ruangan Tertutup, Cegah COVID-19 Tidak Cukup dengan Jaga Jarak]

Walau begitu, bukan berarti bila Anda hanya menghabiskan waktu 15 menit risiko tertular nol.

Pada intinya, pencegahan penyebaran Virus Corona dapat mudah kita lakukan bila tidak berada di ruangan tertutup rapat dengan pengunjung padat dan saling dekat. Bagaimana pun, jarak, waktu, tipe kegiatan serta faktor lingkungan juga penting kita perhatikan agar setidaknya risiko penyebaran COVID-19 tidak mengalami kenaikan.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.