Kala Social Distancing, Ini Hal yang Harus Dilakukan

Kesehatan

Hindari Berada dalam Ruangan Padat Tertutup Rapat dan Saling Dekat

Risiko penularan Virus Corona saat berkumpul dengan orang lain dapat meningkat. Pasien yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan tetesan pernapasannya ke orang lain di sekitarnya dalam jarak dekat. Menurut Insinyur Lingkungan di Universitas Drexel Charles Haas, droplet dapat terbang dari mulut dan hidung orang ketika mereka bernapas, berbicara, atau bersin dan orang lain dapat menghirupnya.

Itulah sebabnya masker digunakan untuk membantu menghentikan droplet agar tidak jauh dari mulut atau hidung seseorang. Tidak cukup hanya menjaga dengan menjaga jarak 2 meter, ada faktor pendukung lainnya yang menyebabkan virus ini dapat menular ke yang lainnya. Ada 4 faktor pendukung penyebaran Virus Corona melalui jarak, waktu, tipe kegiatan serta faktor lingkungan. Sebagai langkah pencegahan, ingat 3 AT ini: Hindari ruangan yang tertutup rapAT dengan pengunjung padAT dan saling dekAT.

Vietnam Semakin Longgarkan Social Distancing, Kenapa Ya

Hindari dalam Satu Ruangan Tertutup Rapat dan Saling Dekat

Dalam satu kasus seperti yang dilansir vox.com (05/06/2020). Ada dua bus yang membawa para penumpang ke suatu tempat. Di salah satu bus, terdapat pasien positif COVID-19 yang belum mulai merasakan gejalanya. Sedangkan Bus yang lainnya bebas dari orang yang terinfeksi.

Dalam satu acara, mereka bercampur dan berbaur. 24 dari 67 orang di bus tersebut itu jatuh sakit. Namun, 172 orang lainnya yang datang dengan menggunakan transportasi lain, hanya tujuh orang yang akhirnya sakit.

[Baca Juga: Ahli Jelaskan Jumlah Droplet yang Dihasilkan dari 4 Aktivitas Ini]

Hal ini disebabkan penyebaran virus jauh lebih berisiko saat di ruangan yang tertutup dibandingkan ketika berada di area atau ruangan yang lebih besar. Itu berarti, sebaiknya Anda harus berada dalam ruangan yang besar dan orang lain tidak dalam jarak yang berdekatan.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Bila Berdekatan dengan Seseorang Jangan Lebih dari 15 Menit

Ketika Anda berada di suatu tempat dengan orang lain dan bahkan sempat mengobrol, usahakan waktu yang dapat Anda tolerir tidak lebih dari 15 menit. Bagaimana pun juga, tetesan melalui pernapasan, dapat bertransmisi selama 15 menit. Anda berisiko tinggi bila melakukan kontak dekat dengan seseorang dan menghabiskan waktu selama lebih dari 15 menit.

[Baca Juga: Di Ruangan Tertutup, Cegah COVID-19 Tidak Cukup dengan Jaga Jarak]

Walau begitu, bukan berarti bila Anda hanya menghabiskan waktu 15 menit risiko tertular nol.

Pada intinya, pencegahan penyebaran Virus Corona dapat mudah kita lakukan bila tidak berada di ruangan tertutup rapat dengan pengunjung padat dan saling dekat. Bagaimana pun, jarak, waktu, tipe kegiatan serta faktor lingkungan juga penting kita perhatikan agar setidaknya risiko penyebaran COVID-19 tidak mengalami kenaikan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.