Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini

Kesehatan

Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini

Alergi makanan secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas kesehatan hidup masyarakat. Jika terkena alergi makanan, Anda bisa terkena penyakit seperti diare, sakit perut, kembung, tertutupnya saluran napas (shock anafilatik) dan perubahan tinja. Kondisi ini juga membingungkan sebab bisa saja diakibatkan oleh alergi atau gangguan pencernaan (maldigestif).

Alergi makanan sendiri ialah reaksi alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh kita keliru merespons protein yang berasal dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Salah satu reaksi alergi yang muncul bisa berupa rasa gatal dan ruam pada kulit

[Baca Juga: Ini 6 Alasan Anda Gagal Kecilkan Perut Buncit]

Maka, demi menghindari terkena reaksi yang diakibatkan alergi makanan, Anda bisa mengendalikannya dengan reinduksi. Reinduksi ialah mengenalkan kembali tubuh pada makanan tersebut dengan porsi kecil namun sering dalam pengawasan dokter.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa pengobatan untuk mengatasi alergi. Ini tiga cara untuk mengatasi alergi pada makanan.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

  • Makanan Probiotik

Dilansir dari Apki.or.id (8/4/2019), probiotik adalah jenis bakteri hidup yang terdapat pada suatu produk makanan maupun suplemen. Bakteri ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk sistem pencernaan.

Probiotik dapat membantu menyeimbangkan mikrobiota usus. Makanan yang mengandung bakteri probiotik harus disimpan dalam suhu yang sesuai, karena bakteri harus dikondisikan tetap hidup. Bakteri probiotik akan mudah terpengaruh oleh suhu. Maka, untuk mengatasi alergi makanan, Anda bisa mengonsumsi 1-2 cangkir yoghurt setiap harinya.

  • Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau dapat bermanfaat untuk memperbaiki alergi pada makanan. Mengutip dari Pervention (8/4/2019), peneliti dari Jepang membuktikan, kandungan senyawa EGCG dari teh hijau membantu menghentikan tubuh terhadap reaksi alergen. Adapun pencetus alergi biasanya dari makanan, serbuk sari, bulu hewan peliharaan dan debu. Teh hijau sendiri mengandung sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, dan antihistamin.

  • Bawang Putih

Dilansir dari Lifehealth.com (8/4/2019), Bawang putih memiliki sifat antihistamin dan sangat bermanfaat dalam mengurangi alergi yang didapatkan dari makanan. Untuk menghindari alergi makanan, Anda harus mengunyah 2-3 tunas bawang putih setiap harinya.

[Baca Juga: 5 Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Musim Pancaroba]

Alergi terhadap makanan memang terlihat enteng. Meski begitu, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu alergi muncul. Obat alergi juga tak bisa selalu menjadi penyelamat. Jika alergi terhadap makanan semakin parah, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter.

Read More

Artikel Lainnya

Peduli Lingkungan Bisa mulai dengan Mencontoh Gaya Hidup 60an

Berita Kawasan

Peduli Lingkungan Bisa mulai dengan Mencontoh Gaya Hidup 60an

20 February 2020, 15:00

Kampanye Back to 60’s diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat pentingnya melestarikan lingkungan.

Hari Ini Pemadaman Listrik Bergilir di Depok, Ini Daftar Lokasinya

Berita Kawasan

Hari Ini Pemadaman Listrik Bergilir di Depok, Ini Daftar Lokasinya

20 February 2020, 14:00

Sejumlah lokasi di Kota Depok akan terkena pemadaman listrik secara bergilir, imbas dari kegiatan pemeliharaan.

Noah Siap Hibur Pengunjung di Festival Cinta Love Fest 2020

Berita Kawasan

Noah Siap Hibur Pengunjung di Festival Cinta Love Fest 2020

20 February 2020, 13:00

Band Noah akan bawakan lagu-lagu galau dan penuh cinta dalam gelaran Love Fest 2020 di Istora Senayan Jakarta pada pekan ini.

3 Rekomendasi Camilan yang Menggoyang Lidah di Bekasi Timur

Kuliner

3 Rekomendasi Camilan yang Menggoyang Lidah di Bekasi Timur

20 February 2020, 12:00

Bekasi Timur memiliki jajanan yang mungkin belum Anda diketahui. Yuk, cek apa saja tiga kuliner rekomendasi berikut!


Comments


Please Login to leave a comment.